5 Tempat di Indonesia yang Punya Julukan 1000, Nomor 3 Angker

Ada banyak tempat di Indonesia yang memiliki julukan unik. Seperti 5 tempat berikut ini yang memiliki julukan dengan sisipan angka 1000. Apa saja?

Puri Yuanita
| 2 November 2017 16:15

Dream - Umumnya, sebuah destinasi mempunyai julukan tertentu yang diberikan oleh para wisatawan. Dan julukan yang disematkan biasanya sesuai dengan kelebihan dari tempat tersebut atau hal-hal yang menjadi ciri khasnya.

Contohnya, Bogor dijuluki sebagai Kota Hujan karena daerah ini memang memiliki curah hujan yang tinggi. Kemudian, Aceh dijuluki bumi Serambi Mekah karena merupakan daerah perdana masuknya Islam ke nusantara serta karena wilayah ini memiliki banyak persamaan dengan Mekah, antara lain sama-sama berbudaya dan berhukum Islam.

Nah, selain dua daerah itu, masih ada banyak lagi tempat di Indonesia yang memiliki julukan unik. Seperti 5 tempat berikut ini yang memiliki julukan dengan sisipan angka 1000. Apa saja? Simak langsung ulasannya.

1. Pulau Lombok - Pulau 1000 Masjid

Dijuluki Pulau 100 Masjid karena Pulau Lombok dihuni oleh penduduk yang sebagian besarnya adalah muslim. Dengan penduduk mayoritas beragama Islam, membuat jumlah masjid di pulau ini sangat banyak. Bahkan menurut kabar, sampai sekarang jumlahnya sudah lebih dari 5000 buah.

 Julukan 1000

2. Jepara - Kota 1000 Pondok Pesantren (Ponpes)

Selain terkenal dengan seni ukirnya, Jepara juga populer dengan sebutan Kota 1000 Pondok Pesantren. Penyebabnya tentu saja karena jumlah pondok pesantren di kota ini yang sangat banyak. Bahkan melebihi jumlah ponpes yang terdapat di Kabupaten Rembang.

 Julukan 1000

3. Lawang Sewu - Bangunan 1000 Pintu

Gedung tua peninggalan Belanda ini dulunya berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api. Lama terbengkalai, kini Lawang Sewu menjadi salah satu destinasi wisata favorit sekaligus ikon terkenal dari Kota Semarang. Belakangan, Lawang Sewu juga populer sebagai destinasi wisata mitis karena diyakini angker.

Tapi terlepas dari itu, tempat satu ini identik dengan julukan Bangunan 1000 pintu (sesuai namanya Lawang Sewu yang berarti pintu seribu). Disebut demikian karena bangunan Lawang Sewu memiliki banyak pintu.

 Julukan 1000

4. Banjarmasin - Kota 1000 Sungai

Ibukota Kalimantan Selatan ini sejak dulu dijuluki sebagai Kota 1000 Sungai. Hal ini tentu saja karena banyaknya sungai yang mengalir di kota tersebut. Baik sungai-sungai besar maupun kecil.

 Julukan 1000

5. Masjid Nurul Yaqin - Masjid 1000 Pintu

Di Tangerang, Banten ada sebuah masjid yang populer dengan julukan Masjid Sewu (Seribu) atau Masjid 1000 Pintu. Adalah Masjid Nurul Yaqin. Dijuluki demikian karena bangunan masjid berusia puluhan tahun itu dilengkapi dengan banyak pintu. Hal lain yang terkenal dari masjid ini adalah keberadaan sebuah tasbih berukuran raksasa yang terpajang di salah satu sudut ruangannya.

 Julukan 1000

(Sumber: boombastis.com)

 

Topik Terkait :

Paramitha Rusady Umrah Bersama Keluarga di Hari Ultah Putranya

Jangan Lewatkan