Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pesona Pantai Jepara, Indah dan Menenangkan

Pesona Pantai Jepara, Indah dan Menenangkan Sumber: Shutterstock

Dream - Mungkin banyak yang mengenal Pantura sebagai jalur darat yang menghubungkan Jakarta dengan sejumlah kota di Jawa Barat, Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Pantura sebenarnya punya pesona alam yang sangat indah.

Pantura merupakan singkatan dari Pantai Utara Jawa. Kawasan pantai yang terbentang di sisi utara Pulau Jawa. Garis pantai tersebut meliputi sejumlah kota dan kabupaten, salah satunya Jepara.

Kabupaten Jepara sendiri punya sejumlah destinasi laut yang mempesona. Tempat-tempat ini menghadirkan pemandangan yang indah sekaligus menenangkan. 

Di sekitar pantai-pantai tersebut, ada beberapa pulau kecil yang bisa dikunjungi dan dijadikan tempat liburan asyik, bahkan bisa berkemah. Menyusuri pantai utara tak akan ada habisnya, ditambah dengan biota lautnya yang beragam, menambah lengkap liburan di Jepara.

 

Pulau Panjang

Tak jauh dari kawasan Karimun Jawa, ada sebuah pulau kecil. Pulau kecil ini tak kalah cantik dengan pulau-pulau di Karimun Jawa, lautnya dangkal, terumbu karangnya beragam dan pasirnya putih lembut.

Karena laut sekitar Pulau Panjang tergolong dangkal, sangat cocok untuk berenang, snorkeling atau hanya sekadar bermain air di pantai. Walau tak seluas dan seterkenal Karimun Jawa, Pulau Panjang sudah dilengkapi berbagai fasilitas wisata, seperti penyewaan tenda untuk berkemah, penginapan sederhana, penyewaan peralatan snorkeling, toilet dan masih banyak fasilitas lainnya.

Wisata Pantai Jepara


Untuk pergi ke Pulau Panjang, wisatawan bisa menaiki perahu motor dari dermaga Pantai Kartini dengan harga mulai dari 15 ribu per orang dalam sekali jalan. Jarak tempuhnya juga tak terlalu jauh, hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit dari Pantai Kartini. Wisatawan juga bisa menghabiskan malam di sana dengan berkemah bersama sahabat atau keluarga.

Pulau Mandalika

Selain Pulau Panjang, ada juga Pulau Mandalika yang tak kalah eksotis. Pulau ini bisa dilihat langsung dari Pantai Benteng Portugis, jaraknya juga tak terlalu jauh dari Pulau Jawa, hanya sekitar 500 meter dari pesisir pantai.

Wisata Pantai Jepara

Suasana di pulau ini sangat tenang dan asri karena tidak berpenghuni. Ikan laut di sekitar pulau juga beragam, membuat Pulau Mandalika jadi lokasi favorit untuk memancing.

Jenis ikan seperti kerapu, pari, sembilang dan kakap putih, kerap ditemui di pulau ini. Selain keragaman ikannya, pulau ini punya keunikan lain, yaitu tanaman endemik Nongko Celeng, tanaman yang buahnya tumbuh di akar.

Untuk bisa menjangkau Pulau Mandalika, wisatawan bisa menaiki perahu nelayan dari Pantai Benteng Portugis. Menghabiskan waktu di Mandalika, akan menciptakan pengalaman baru, sunyi yang menenangkan dan sepi yang bikin bulu kuduk merinding di malam hari.

Pantai Kampung Prau Bandengan

Di kawasan Bandengan, ada pantai yang cukup terkenal. Pantai Tirto Samudro namanya. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap dan sangat cocok untuk bermain bersama anak-anak karena ombaknya kecil dan dangkal.

Tak jauh dari Pantai Tirto Samudro, ada satu pantai tersembunyi bernama Pantai Kampung Prau. Seperti namanya, pantai ini dipenuhi dengan perahu-perahu nelayan yang sedang menepi.

Walau diisi dengan perahu, ada bagian pantai yang memiliki area pasir pantai yang luas dan menyambung ke kawasan Pantai Tirto Samudro. Di pantai ini, terdapat kedai-kedai pedangan yang menjual es degan, dan juga ayunan serta tempat bersantai, sengaja disediakan oleh pihak pengelola.

Wisata Pantai Jepara

Di pantai ini juga disediakan lokasi untuk berkemah. Ombak di pantai ini juga cukup tenang, sembari menikmati deburan ombak, wisatawan bisa melihat langsung aktivitas para pelaut. Ada yang sedang memperbaiki kapal, ada yang memilih hasil tangkapannya, dan ada juga yang sedang bersiap melaut.

Pantai Teluk Awur

Kalau bosan dengan suasana pantai yang ramai dan ingin bersantai di pantai sepi dan gratis, Pantai Teluk Awur bisa jadi solusinya. Pantai ini berada di Jalan Teluk Awur Tahunan, air pantainya sangat bersih, hingga dipercaya masyarakat sekitar mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Karena mitos tersebut, jangan heran kalau di sekitar pantai terdapat pemandian umum yang langsung menggunakan air pantai. Walau sepi pengunjung, pantai ini jadi lokasi lalu lalang kapal, dan sering jadi jalur untuk wahana air, seperti jet sky, dan bananan boat.

Wisata Pantai Jepara

Jika bosan melihat pemandangan laut, wisatawan bisa berjalan-jalan menyusuri pantai. Tak jauh dari area pantai berpasir, ada hutan bakau yang indah. Wisatawan bisa bebas berfoto atau menikmati hutan bakau, tapi dengan syarat tidak boleh merusak apalagi menebang pohon-pohon bakau di Pantai Teluk Awur ini.

Pantai Pungkruk

Ingin menikmati suasana pantai dengan cara yang berbeda? Seperti duduk bersantai di gazebo di pinggir laut dan menikmati hidangan laut yang lezat? Tenang, di Jepara ada satu pantai yang siap memanjakan mata dan perut, yaitu Pantai Pungkruk, yang terletak di Mororejo, Monggo, tak jauh dari Pantai Bandengan.

Wisata Pantai Jepara

Alasan adanya gazebo di pantai ini, karena pantainya yang terjal dan dipenuhi batu karang tajam, sehingga banyak dibangun gazebo dan jalanan kayu untuk mengantisipasi wisatawan yang terluka.

Walau begitu, menikmati pemandangan dan hidangan laut di Pantai Pungkruk sudah bisa memuaskan liburan, terlebih bagi wisatawan yang enggan bermain air.

Suasana Pantai Pungkruk paling cocok dinikmati saat senja, ditemani kopi hangat dan camilan olahan laut yang enak seperti udang goreng, cumi dan masih banyak lagi. Kabar baiknya lagi, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk untuk bisa menikmati pantai ini.

Pantai Ombak Mati

Satu lagi pantai yang tak kalah dari pantai-pantai sebelumnya, Pantai Ombak Mati namanya. Warga sekitar lebih sering menyebutnya dengan Pantai Bondo karena terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri.

Wisata Pantai Jepara

Sama seperti namanya, pantai ini memiliki ombak yang sangat kecil dan tenang, bahkan bisa dikatakan tidak berombak. Walau terlihat tenang, air laut di pantai ini tidak menghanyutkan, justru dangkal dan bisa untuk bermain air. Suasananya sangat tenang dan cocok untuk bersantai.

Di sepanjang pantai, ada pohon ketapang yang ditanam berjejer, menambah indah suasana pantai dan membuat terik matahari tak terlalu menyengat. Dari tepi pantai, wisatawan bisa melihat lalu lalang perahu nelayan dan juga perahu wisatawan yang hendak pergi ke Karimun Jawa. Dijamin, bikin hati tentram!

Dirangkum dari berbagai sumber

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

Yogyakarta juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman liburan yang unik

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

NOTED KAK! When Cegil diajak Ngonten

Kurang lebih begini keadaannya kalau anak kantor jadi diajak bikin konten. Temen kalian ada yang kaya gini gak?

Baca Selengkapnya
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya