7 Harta Karun Arsitektur Paling Mengagumkan di Dunia

Ini dia sederet harta karun dunia yang mengagumkan namun masih kurang dikenal.

Puri Yuanita
| 1 September 2017 08:19

Dream - Bagi para wisatawan yang telah menjelajahi berbagai keistimewaan arsitektur terkenal di seluruh dunia, Booking.com, website global ternama yang menghubungkan wisatawan dengan tempat-tempat penginapan luar biasa di dunia, mempersembahkan sebuah daftar yang terdiri dari berbagai harta karun dunia yang mungkin masih kurang dikenal.

Daftar ini memuat berbagai tempat dengan arsitektur yang akan mencengangkan dunia, dimulai dari pedesaan Italia yang aneh, sampai dengan pemandangan kota Brazil yang futuristik. Yuk simak langsung ulasannya!

1. Brasilia, Brazil

Dibangun hanya dalam tiga tahun, Brasilia merupakan sebuah tempat yang aneh namun memiliki karismanya tersendiri. Brasilia pun sekarang terdaftar sebagai UNESCO World Heritage Site. Kota ini dibangun oleh kepala arsitek, Oscar Niemeyer, dengan gaya arsitektur yang disebut sebagai International Style; sebuah teknik yang mengombinasikan lembaran kaca yang luas, baja, interior yang lapang, yang juga tidak memiliki detail yang rumit, dan juga berat yang lebih ringan dengan kerumitan tertentu. Melakukan perjalanan ke bangunan artistik ini seakan pergi ke Disneyland bagi para pecinta arsitektur.

Rekomendasi tempat menginap: Didesain oleh salah seorang arsitek ternama bernama Ruy Ohtake, Golden Tulip Brasilia Alvorada memiliki tiga lapangan tennis, fasilitas spa, dan juga dua kolam renang yang bergaya. Tempat ini pun hanya berlokasi 850 meter dari Palacio da Alvorada.

2. Alberobello, Italia

Kota Apulian kecil ini memiliki keunikan desain arsitektur. Penghuni kota ini tinggal di dalam sebuah bangunan yang disebut sebagai trulli, sebuah gubuk yang dibangun dari batu kering dengan tembok berbentuk kerucut berwarna putih, atapnya terbuat dari batu kapur yang dibuat pada abad ke-14. Ujung atap yang berwarna putih ini akan berkilau di bawah sinar matahari dan gubuk-gubuk ini pun terbungkus oleh bunga wisteria dan tanaman-tanaman di dalam pot, menjadikan suasana layaknya kamu berada di dalam sebuah cerita fiksi.

Rekomendasi tempat menginap: Trulli e Puglia Resort yang dijalani oleh sebuah keluarga, menawarkan akomodasi yang unik, dimana kamu dapat tinggal di bangunan tradisional yang terbuat dari batu, sebagaimana bangunan seperti ini merupakan ciri khas dari kota Alberobello. Rumah indah yang telah direnovasi ini memiliki sebuah dapur, dan juga sebuah toko, dimana para pengunjung dapat membeli berbagai macam produk khas dari Puglia.

3. Nancy, Prancis

Di Timur kota Paris yang berdekatan dengan perbatasan negara Jerman, kamu akan menemukan sebuah kota yang tidak terlalu dikenal bernama Nancy. Walaupun kota ini mungkin tidak dapat menarik sebanyak turis seperti Champs-Elysees, kota yang indah ini memiliki banyak contoh arsitektur Prancis yang sangat rumit. Istana Baroque dan Art Nouveau dihiasi oleh detail-detail yang berasal dari abad ke-18. Istana ini pun memiliki gerbang besi yang disepuh oleh emas dan juga air mancur kuno. Sementara alun-alun utamanya merupakan ruang yang sempurna, simetris, dan juga hening.

Rekomendasi tempat menginap: Bertempat di jantung kota Nancy, Maison d'Hote de Myon memamerkan dekorasi kontemporer, dimana tempat ini berlokasi di sebuah gedung yang dibangun pada abad ke-18. Sarapan ringan akan disediakan untuk kamu setiap pagi, tersedia juga kelas memasak jika kamu berminat.

4. Vicenza, Italia

Terletak di tengah bukit hijau tua yang dibalut oleh sinar matahari di utara negara Italia, Vicenza merupakan karya agung seorang arsitek Italia bernama Andrea Palladio pada abad ke-16. Kota ini pun kurang begitu dikenal jika dibandingkan dengan tetangganya, yaitu Venesia atau kota yang berdekatan yaitu Bologna, jarang wisatawan berkunjung ke Vicenza. Kota ini pun memiliki arsitektur Italia. Vila di pedesaan dan bangunan kota klasik merupakan gambaran yang tepat untuk daerah ini, berhiaskan pepohonan magnolia dan juga tanaman merambat; tumbuhan-tumbuhan ini pun membalut serambi-serambi dan juga baluster yang ada dengan indah.

Rekomendasi tempat menginap: Berlokasi di pinggiran kota yang berjarak tempuh 15 menit dari pusat sejarah milik kota Vicenza, Casa Barbieri Country House memiliki akomodasi modern yang dikelilingi oleh taman yang indah. Properti ini pun memiliki sebuah fasilitas sauna dan juga teras yang dilengkapi oleh kursi untuk berjemur.

5. Dunedin, New Zealand

Sebuah kota di New Zealand yang belum terlalu dikenal, Dunedin, merupakan sebuah harta karun arsitektur yang belum diketahui oleh dunia dan sering kali disebut sebagai Edinburgh dari selatan, dimana merupakan warisan dari Skotlandia yang dapat dilihat dari model arsitektur Victorian dan Edwardiannya yang tersebar di seluruh penjuru Dunedin. Pemandangan model Edwardian menghiasi stasiun kereta api yang terdapat di kota Dunedin ini pun merupakan sebuah tempat yang wajib dikunjungi. Stasiun ini dibangun dari batu basal berpalet gelap dan dicampur dengan batu kapur yang memiliki warna kontras dan pilarnya dibagun dengan marmer yang indah. Di kota Dunedin terdapat juga sebuah menara dan juga balai kota yang megah yang wajib dikunjungi.

Rekomendasi tempat menginap: Beechwood Boutique Accommodation menawarkan akomodasi yang telah didesain sedemikan rupa, dimana tempat ini juga memiliki ruang untuk parkir gratis. Hotel ini pun hanya berjarak lima menit dari pusat kota Dunedin.

6. Noto, Italia

Noto merupakan sebuah kota yang dibangun pada abad ke-18. Kota ini pun terbuat dari batu kapur berwarna kuning madu yang cerah, dimana kota ini termasuk dalam daerah kepulauan Sicily yang terkenal akan kehangatan mataharinya. Meski namanya kurang menarik, Noto merupakan salah satu tempat yang patut dikunjungi oleh para wisatawan, terutama bagi para penggemar arsitektur. Pembangunan kota Noto direncanakan dengan sangat cermat, dimana kota ini juga memiliki beberapa lokasi untuk kamu mengamati keindahan kota. Jangan lewatkan cahaya keemasan melebur dari arsitektur bangunan Baroque yang megah, terutama pada saat matahari terbenam.

Rekomendasi tempat menginap: Seven Rooms Villadorata yang elegan sangat membanggakan fasilitas bar gratis di sudut hotel ini dan juga teras dimana kamu dapat melihat pemandangan yang indah, hotel ini pun menawarkan fasilitas akomodasi yang ber-AC, yang juga dilengkapi dengan perabotan mewah yang dibalut dengan kain mahal. Tempat ini berlokasi di pusat kota Noto. Sebuah menu sarapan buffet ala Italia dengan berbagai macam pilihan juga tersedia tergantung permintaan.

7. Morelia, Mexico

Walaupun destinasi ini bukan merupakan tempat yang biasa dikunjungi dalam jadwal kunjungan ke Mexico, Morelia bisa dikatakan sebagai salah satu kota sejarah Mexico yang istimewa. Kembali pada abad ke-16 silam, arsitekturnya yang megah merupakan sebuah gabungan antara gaya of Renaissance, Baroque, dan Neoclassical. Kota ini pun dibangun di atas batu lokal yang berwarna merah muda, interior berkilauan dari gereja-gereja yang ada dan juga Morelia Cathedral yang sangat megah, merupakan sebuah contoh dari keindahan arsitektur kota ini.

Rekomendasi tempat menginap: Berlokasi 100 meter dari Morelia Cathedral, hotel Virrey De Mendoza menawarkan kamar elegan, yang memiliki desain layaknya zaman kolonial, bar koktail, dan juga teras. Restorannya pun menyajikan hidangan khas Michoacan dan hidangan Haute internasional. Lebih dari itu, hotel ini menawarkan koktail gratis untuk menyambut kedatangan tamu.

Topik Terkait :

Jokowi Tinjau Rehabilitasi Gempa NTB

Jangan Lewatkan