Agar Travelingmu Aman di Papua, Lakukan Ini

Pesona Papua sungguh indah, mampu membius setiap orang yang datang ke sana.

Ahmad Baiquni
| 8 Desember 2018 11:30

Dream - Papua menyimpan pesona alam luar biasa. Setiap orang yang pergi ke sana akan terbius dan pasti ingin kembali lagi.

Ada laut biru disertai pemandangan bawah air yang eksotik. Ada hutan yang masih perawan dan satwa langka endemik yang menarik hati.

Sayangnya, Bumi Cenderawasih kini sedang dilanda konflik. Sejumlah pekerja proyek Trans Papua meninggal dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga.

Namun begitu, keindahan alam Papua sangat sayang untuk dilewatkan. Hingga saat ini, sudah banyak wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke Papua.

 Alam Papua

Perkampungan Suku Dani (Foto: Shutterstock.com)

Jika kamu mengenal tempat indah di Papua hanya Raja Ampat, sepertinya kamu perlu mengubah daftar liburanmu. Sebab, Papua memiliki banyak sekali tempat menarik seperti taman nasional, pantai, danau, teluk, pegunungan.

Tidak hanya itu, budaya Papua juga menarik perhatian. Kamu bisa berkunjung ke beberapa suku di Wamena dan mempelajari budaya mereka.

 Alam Papua

Burung Cenderawasih, satwa endemik Papua (Foto: Shutterstock.com)

Nah, agar travelingmu ke Papua aman, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

Tips pertama, pakailah jasa pemandu lokal. Si pemandu bisa menjadi jembatan komunikasi jika kamu bertemu dengan masyarakat setempat. Biasanya, mereka menawarkan jasa di bandara.

 Alam Papua

Raja Ampat (Foto: Shutterstock.com)

Bisa juga kamu memanfaatkan jasa staf hotel tempatmu menginap. Mereka bisa menyusun rencana wisata dengan biaya murah dan aman.

Tips selanjutnya, pastikan keamanan kepada staf hotel jika menggunakan pemandu rekomendasi mereka. Tetaplah berhati-hati sembari menikmati petualanganmu di Tanah Papua.

Sumber: Liputan6.com/Putu Elmira

Topik Terkait :

5 Minuman Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Jangan Lewatkan