Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Air Terjun Bayang, Pesonanya Termasyhur Sejak Zaman Belanda

Air Terjun Bayang, Pesonanya Termasyhur Sejak Zaman Belanda Air Terjun Bayang Sani (Sumber: Oldlook.indonesia.travel)

Dream - Air terjun Bayang Sani terletak di Desa Koto Baru, Sumatera Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter, meliputi lima tingkat. Namun hanya tingat tiga yang bisa dicapai pengunjung.

Air Terjun Bayang Sani adalah salah satu air terjun terbesar di Kabupaten Pesisir Selatan. Dan siapa sangka, jika air terjun ini ternyata sudah termasyhur sejak zaman Belanda.

Pada masa Hindia Belanda, air terjun ini seringkali menjadi tempat mandi bangsawan Belanda. Mereka bahkan menamainya 'Well Come' karena merasa nyaman mandi di sana.

Warga sekitar kemudian menamai air terjun ini dari kata tersebut. Menyesuaikan dengan tutur lisan sehari-hari, Well Come pun berubah menjadi 'Walikum'.

Sebelumnya, warga menyebut air terjun ini hingga tahun 1980-an sebagai Tarasah Ikua Kudo (Air Terjun Ekor Kuda) karena bentuknya yang mirip ekor kuda.

Tahun 1980-an nama air terjun ini berubah seiring perubahan nama daerah-daerah di Sumatera Barat, termasuk Tarasah Ikua Kudo.

Air terjun ini pun dinamai Air Terjun Bayang sesuai nama kawasannya. Sementara itu, kata 'sani' ditambahkan warga dari nama salah satu nama komandan ABRI (TNI) masuk desa saat itu yang telah berjasa membuat pipa air bersih dari tingkat kedua air terjun ini ke rumah-rumah penduduk.

Nah, untuk sampai ke air terjun cantik ini, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Padang, melewati Teluk Bayur dan perbukitan yang menghijau.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, lokasi ini dapat ditempuh pula dengan menggunakan angkutan umum. Pemerintah setempat saat ini sudah membuka akses perhubungan dari wilayah Pessel menuju Alahan Panjang, Kabupaten Solok sebagai jalan alternatif lain menuju air terjun ini.

(Sumber: Situs Kemenpar, Indonesia.travel)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Negara dengan Air Terjun Tertinggi di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

9 Negara dengan Air Terjun Tertinggi di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Air terjun merupakan bentuk keajaiban dan keindahan alam yang patut untuk dilihat. Yuk, simak daftar negara di dunia yang memiliki air terjun paling tinggi!

Baca Selengkapnya
6 Sumber Mata Air Terbesar di Dunia, Salah Satunya Tak Terduga

6 Sumber Mata Air Terbesar di Dunia, Salah Satunya Tak Terduga

Berikut lokasi-lokasi yang menjadi asal muasal air di Bumi!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Gokil, Pria Ini Bisa Semprotkan Air dari Mulutnya Selama 6 Menit Tanpa Henti

Gokil, Pria Ini Bisa Semprotkan Air dari Mulutnya Selama 6 Menit Tanpa Henti

Pria asal Tiongkok ini mampu mengontrol air di dalam mulutnya sehingga dapat menyemburkannya selama 6 menit penuh. Yuk, simak kisahnya!

Baca Selengkapnya