Ajaib, Laguna Ini Hanya Muncul 3 Bulan dalam Setahun

Air yang memenuhi kolam laguna tersembunyi itu datang dari langit. Benarkah?

Dwifantya
| 1 Mei 2018 08:47

Dream - Taman Nasional Lencois Maranhenses di timur laut Brasil selama musim kemarau hanya hamparan padang pasir putih. Tapi jika kamu datang ke sana pada periode Juli hingga September, pemandangan akan berubah drastis.

Kamu dan wisatawan lainnya pasti akan terkejut melihat hamparan padang pasir itu berubah menjadi sebuah oasis dari laguna zamrud biru yang tak terhitung jumlahnya. Dan ya, kamu bisa berenang di dalamnya. Yang lebih menggembirakan, air di laguna ini hangat dengan suhu sekitar 30 derajat Celcius, seperti dikutip dari huffingtonpost.com.

Jadi dari mana air itu berasal?

Air itu keluar dari langit. Ini serius, lho. Karena Lencois mungkin memiliki Sahara, tetapi taman nasional itu sebenarnya bukanlah merupakan gurun pasir. Dengan hujan lebat mulai dari Januari hingga Juni, dan pada Juli langit cerah sehingga kolam-kolam di sana terisi air. Panjang kolam cantik itu mencapai lebih dari 300 kaki atau lebih dari 91 meter.

Namun, setelah bulan September, angin semakin kuat dan kolam-kolam itu hilang, seolah-olah tidak pernah ada di sana, hingga musim hujan dimulai lagi.

Apakah ada ikan di laguna itu?

Sebenarnya ya. Karena laguna terhubung ke sungai terdekat, ikan menemukan jalan mereka ke laguna, atau tetap bersembunyi jauh di dalam lumpur di antara musim hujan dan kemarau.

Bagaimana kamu bisa sampai di sana?

Yang pasti kamu butuh sebuah petualangan. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah terbang ke Sao Luis, menyewa mobil (atau mengatur transportasi) dan berkendara hampir empat jam ke kota Barreirinhas. Dari sana, kamu disarankan untuk pergi dengan panduan atau grup perjalanan yang telah direncanakan sebelumnya (seperti Brasil Planet) yang dapat mengantarmu 'tersesat' di taman yang luas.

Perjalanan panjang dan penuh lika-liku itu cocok bagi kamu yang suka tantangan. Tetapi mengingat itu adalah salah satu situs paling indah yang akan kamu datangi, mungkin cukup sepadan. Jangan lupa siapkan botol air minum, camilan, dan yang terpenting krim dengan SPF tinggi agak kulitmu tidak terbakar.

Topik Terkait :

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan