Begini Penampakan Eskalator Outdoor Terpanjang di Dunia

Sistem eskalator outdoor super panjang ini diklaim paling panjang di dunia.

Puri Yuanita
| 25 Oktober 2017 15:17

Dream - Hong Kong adalah salah satu destinasi wisata favorit turis dunia. Termasuk para wisatawan asal Indonesia.

Beragam daya tarik yang ditawarkan Hong Kong, membuat wilayah ini jadi pilihan tepat untuk berwisata. Salah satu yang tak boleh dilewatkan kalau kamu ke Hong Kong adalah eskalator outdoor terpanjang di dunia.

 eskalator

Ya, Hong Kong punya sistem eskalator outdoor super panjang yang diklaim paling panjang di dunia. Awalnya, sistem eskalator ini dibangun pada tahun 1993 sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas kota yang masif. Namun kemudian, eskalator ini juga menjadi landmark wisata Hong Kong.

 eskalator

Meski sempat mendapat kritik karena biaya dan inefisiensinya yang tinggi, tapi sampai hari ini eskalator terpanjang tetap berdiri di Hong Kong dan menjadi magnet bagi wisatawan.

Dibuka sejak tahun 1993, sistem eskalator terpanjang ini terdiri atas 18 eskalator dan 3 trotoar berjalan. Eskalator beroperasi menurun (dari atas ke bawah) mulai tengah malam hingga pukul 10.30 pagi. Lalu bergerak menanjak (dari bawah ke atas) sampai tengah malam keesokan harinya.

 eskalator

Seluruh sistem eskalator telah mengangkut puluhan ribu orang ke dan dari tempat kerja mereka. Tercatat 85.000 orang pada perhitungan terakhir di tahun 2010.

 eskalator

Eskalator ini membagi dua jalan. Yakni, Conduit Road di barat dan Queens Road di timur. Tak main-main, eskalator ini menghabiskan dana pembangunan $30 juta, yang melampaui anggaran kota sebesar 153 persen.

 eskalator

Daya tarik eskalator itu pun terus berlanjut sampai hari ini. Bahkan Ocean Park, sebuah taman laut dan akuarium di Hong Kong, ikut membangun eskalator yang tingginya 739 kaki, yang diklaim sebagai eskalator outdoor terpanjang kedua di dunia.

 eskalator

(Sumber: businessinsider.sg)

 

Topik Terkait :

Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting

Jangan Lewatkan