Beli RumahRp16.800 di Desa Ini, Bakal Dapat Dana Renovasi Rp420 Juta

Banyak orang tertarik membeli rumah di desa ini.

Ahmad Baiquni
| 7 Februari 2021 13:10

Dream - Rumah yang dilelang dengan harga 1 euro, setara Rp16.800, makin banyak ditemukan di Italia. Penawaran terkini ada di Desa Troina.

Tak hanya murah, Pemerintah Italia bahkan menyiapkan intensif khusus bagi orang yang mau membeli rumah 1 euro di desa tersebut. Insentif tersebut adalah dana renovasi senilai 25 ribu euro, setara Rp420 juta.

Sulit untuk tidak tertarik dan tergoyang untuk memiliki rumah 1 Euro di desa kuno Italia kuno. Rumah ini biasanya memiliki pemandangan gunung dan bukit yang indah, sehingga harga jualnya sangat cepat naik saat pelelangan dilakukan pertama kali.

Dikutip dari Lonely Planet, proses pembelian rumah di Troina, Sicily lebih dimudahkan. Hal ini untuk menarik minat lebih banyak orang untuk membeli rumah ini.

 Troina Italia

Sama seperti desa kuno lainnya di Italia, Troina juga mengalami tekanan demografi. Banyak orang mulai berpindah ke tempat lebih modern, seperti kota-kota besar di abad pertengahan.

Alhasil, Wali Kota Sicily Sebastiano Fabio Venezie berusaha untuk menghidupkan kembali kekayaan desa dengan menarik penduduk baru dan mengembalikan kejayaan tempat tersebut seperti dahulu kala.

Troina pernah menjadi ibukota Norman, Sicily dan pada 2019 menjadi desa paling indah di Itala. Desa ini menjadi terbuka dan inklusif

Troina juga memiliki tempat sangat indah bagi wisatawan yang suka pemandangan alam. Desa ini berada di Nebrodi, taman nasional terbesar di Sicily yang memberikan pemandangan alam dengan hutan, danau, kebun jeruk, dan pemandangan Gunung Etna.

Tidak heran, Desa Troina memiliki potensi pembelian rumah yang tinggi. “ Beberapa bulan terakhir sudah banyak pembeli yang mengajukan pembelian properti rumah di sini," jelas Venezie.

 Troina Italia

Venezie mengatakan banyak orang dari Amerika Serikat, Inggris, German, Belanda, Argentina, Peru, dan sejumlah negara lainnya yang datang berkunjung dan tertarik untuk membeli rumah di Troina.

" Sehingga, kami memutuskan membuat projek untuk memperbaiki banyak bangunan terlantar, memperbanyak populasi setempat, dan disaat yang bersamaan menawarkan peluang memperbaiki perekonomian desa dan para pekerja setempat, dengan ikut serta dalam pekerjaan," ucap Venezie

Saat desa mempersiapkan lelang properti bangunan terlantar ini, Venezie menyediakan agensi online, HouseTroina, untuk membantu pembeli. Sekitar 30 rumah akan dibangun untuk lelang 1 euro pada akhir Januari lalu, dengan 100 lainnya dalam proses.

Pembeli harus membayar deposit 5.000 euro, setara Rp84 juta yang dapat dikembalikan. Serta harus berkomittmen untuk memulai pekerjaan renovasi dalam dua tahun.

Venezie mengatakan dewan dapat menawarkan pembayaran hingga 25 ribu euro (15 ribu euro untuk renovasi dan 10 ribu euro untuk pekerjaan efisiensi) untuk membantu pemilik baru rumah pada projek renovasi tersebut. Penghuni baru tidak perlu membayar properti dan mendapat kemudahan layanan pajak selama 3 tahun.

Laporan; Josephine Widya

Topik Terkait :

Warganet Ramai mendoakan Ariel Noah dan Dina Lorenza Berjodoh

Jangan Lewatkan