Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Berburu Cacing Laut Jelmaan Putri Mandalika Bareng Turis Dunia

Berburu Cacing Laut Jelmaan Putri Mandalika Bareng Turis Dunia Bau Nyale (Foto: Wisatadilombok.com)

Dream - Tertarik dengan atraksi budaya? Ingin menikmatinya sambil ditemani keindahan pantai di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB)? Ini ada pesan dari Menpar Arief Yahya, bagi mereka yang belum pernah melihat atraksi budaya Festival Pesona Bau Nyale.

Nah, luangkan waktu bulan Februari 2018 mendatang. Ada Festival Pesona Bau Nyale di kawasan KEK Mandalika. Festival ini akan digelar pada 20 Februari mendatang. Lokasinya ada di tiga pantai. Yakni Pantai Kuta, Pantai Seger dan Pantai Belanak.

Inilah salah satu atraksi wisata berbasis budaya unggulan di Nusa Tenggara Barat. Termasuk juga yang terbaik di Tanah Air. Maka jangan heran jika setiap tahunnya festival ini selalu dinanti masyarakat dan wisatawan.

"Festival Bau Nyale adalah event tahunan masyarakat Sasak di Kabupaten Lombok Tengah," ujar Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal.

Sebagai acara tahunan masyarakat Sasak, Festival Bau Nyale punya nilai budaya yang tinggi. Atraksinya pun unik. Yakni dimana masyarakat dan wisatawan berburu sejenis cacing laut yang oleh masyarakat setempat disebut "Nyale". Cacing tersebut hanya keluar satu tahun sekali dan muncul di sepanjang pesisir selatan Pulau Lombok.

"Dan Bau sendiri artinya berburu. Jadi masyarakat dan wisatawan di sini berburu Nyale yang unik tersebut," ujar Faozal, dikutip dari keterangan pers tertulis, Minggu, 14 Januari 2018.

Ia menjelaskan, Nyale akan muncul sekitar hari ke 19-20 bulan kesepuluh dan kesebelas awal tahun Penanggalan Sasak. Penentuan tanggal Bau Nyale tersebut juga setelah melalui kesepakatan para tokoh adat.

Lebih jauh Faozan menjelaskan, "Bau Nyale" juga memiliki story telling yang kuat. Yakni pesta rakyat itu digelar untuk mengenang legenda Putri Mandalika, putri raja Lombok yang konon berparas cantik jelita. Kecantikannya tersohor hingga negeri seberang, sehingga banyak yang ingin melamarnya.

Seperti pangeran-pangeran dari berbagai Kerajaan. Seperti Kerajaan Johor, Kerajaan Lipur, Kerajaan Pane, Kerajaan Kuripan, Kerajaan Daha, dan Kerajaan Beru.

Putri Mandalika pun risau. Jika ia memilih satu di antara mereka, dikhawatirkan akan terjadi perpecahan dan pertempuran. Bahkan ada beberapa kerajaan yang memasang senggeger agar Putri Mandalika jatuh hati padanya.

Akhirnya Putri Mandalika membuat keputusan. Diundanglah seluruh pangeran serta rakyat mereka untuk bertemu di Pantai Kuta Lombok. Pada tanggal 20 Pantai Kuta Lombok pada tanggal 20 bulan ke 10 menurut perhitungan bulan Sasak tepatnya sebelum Subuh.

Undangan tersebut disambut oleh seluruh pangeran beserta rakyatnya sehingga tepat pada tanggal tersebut mereka berduyun-duyun menuju lokasi undangan.

Sesuai janjinya, Putri Mandalika datang dengan diusung oleh prajurit-prajurit yang menjaganya. Dia kemudian berhenti dan berdiri di sebuah batu di pinggir pantai.

Setelah mengatakan niatnya untuk menerima seluruh pangeran dan rakyat akhirnya Sang Putri pun meloncat ke dalam laut. Seluruh rakyat yang mencarinya tidak menemukannya. Setelah beberapa saat akhirnya datanglah sekumpulan cacing berwarna-warni yang menurut masyarakat dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika

"Dalam kegalauan itu, putri memutuskan untuk mengorbankan jiwa dan raganya demi rakyatnya. Putri Mandalika memilih menceburkan dirinya ke laut dan ditelan gelombang dahsyat. Pengorbanan itu dilakukan pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Sasak," ungkap Faozal.

Di setiap tanggal itu pula cacing Nyale keluar dari pantai tersebut. Hingga kini, tiap tanggal itu, Nyale datang dan ditangkap warga. Menjadi rebutan di bibir pantai. Cacing itu oleh warga sebagian ditaburkan ke sawah dan sisanya diolah menjadi lauk pauk. Seperti pepes, sambal nyale hingga masakan bersantan.

"Kadang-kadang, warga percaya cacing nyale juga bisa dijadikan sebagai obat beberapa jenis penyakit," tambahnya.

Dengan nilai budayanya yang kuat itu, Pemprov NTB kemudian mengemasnya menjadi satu atraksi. Sehingga membuat lebih banyak orang lagi tertarik datang ke Nusa Tenggara Barat.

Karena itu Festival Bau Nyale juga akan diisi dengan berbagai acara lainya. Seperti Presean, Bersih Pantai, Parade Budaya, Surfing, Voli Pantai, dan Lomba Swafoto menggunakan kamera handphone.

Selain itu juga bakal ada Kampung Kuliner, Pemilihan Putri Mandalika, Pagelaran Budaya, dan Hiburan lainnya.

"Kami ingin menjadikan event Bau Nyale bukan sekadar seremoni. Tetapi ini sebagai bentuk keseriusan provinsi dan kabupaten Lombok Tengah dalam melaksanakan kalender pariwisata untuk mendatangkan wisman. Terlebih Pantai Kuta dan lainnya sangat dikenal dengan keindahannya," ujar Faozal.

Nah, Sahabat Dream Travel, jangan kalah dengan wisatawan asing. Segera deh rencanakan perjalananmu ke NTB Februari nanti untuk menyaksikan Festival Bau Nyale. 

(Sumber: Kementerian Pariwisata) 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali
7 Kategori Turis Asing yang Bebas Pajak Wisata Rp150 Ribu di Bali

Pengenaan pajak wisata bagi WNA berlaku mulai 14 Februari 2024

Baca Selengkapnya
Temuan Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta Bingungkan Ilmuwan, Ukurannya 6 Juta Kali Matahari
Temuan Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta Bingungkan Ilmuwan, Ukurannya 6 Juta Kali Matahari

Lubang hitam ini berada di galaksi kuno GN-z11, yang berjarak 13,4 miliar tahun cahaya. Ukurannya sekitar 6 juta kali lebih besar dari matahari.

Baca Selengkapnya
Mudik Gratis Kemenhub untuk Jalur Laut Sudah Dibuka, Ini Syaratnya
Mudik Gratis Kemenhub untuk Jalur Laut Sudah Dibuka, Ini Syaratnya

Mudik Gratis Kemenhub Jalur Laut Dibuka, Ini Syaratnya

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penemuan Hewan Unik Baru, Laba-Laba Laut Antartika dengan Cakar 'Sarung Tinju'
Penemuan Hewan Unik Baru, Laba-Laba Laut Antartika dengan Cakar 'Sarung Tinju'

Sejenis laba-laba laut yang baru ditemukan ditarik ke permukaan dari kedalaman lebih dari 1.800 kaki di bawah permukaan Laut Ross di Antartika.

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU
DRESS IT! Outfit Ke Konser Ala IU

Sahabat Dream, referensi kali cocok banget nih buat kalian yang suka nonton konser. Kali ini bisa jadi referensi buat nonton Coldplay.

Baca Selengkapnya