Berburu Kuliner Daging Kerbau Khas Kudus

Jangan lewatkan sate dan soto dari olahan daging kerbau, rasanya dijamin mak nyussss.

Ratih Wulan
| 8 Juli 2016 16:10

Dream - Sebagai daerah tujuan wisata religi, Kudus selalu ramai disambangi para peziarah. Setelah bertandang ke makam Sunan Kudus, ada baiknya Anda mencicipi kuliner khas Pantura yang lezat tiada dua.

Salah satu menu sarapan yang harus dicoba yaitu lenthog, wujudnya hampir serupa dengan lontong sayur pada umumnya. Namun tetap terasa berbeda saat disajikan di porsi-porsi kecil di pinggiran kota Kudus.

Kudus juga terkenal sebagai daerah yang menyajikan kuliner dari olahan daging Kerbau. Kebiasaan ini merupakan pengaruh dari sisa-sisa kebudayaan Hindu, yang dulu menguasai sebagian besar wilayah Kudus sebelum Walisongo masuk ke Jawa.

Olahan daging kerbau dengan sangat mudah ditemukan di berbagai kedai makanan. Potongan daging kerbau, menjadi lebih lezat dengan bumbu aneka rempah bercampur rasa manis yang membuat lidah ketagihan. Salah satu tempat penjualan sate yang mudah ditemukan yaitu di sate menara. Lokasinya tak jauh dari Majid Al Aqsa Menara Kudus yang legendaris.

Selanjutnya ada soto Kudus yang sudah tersohor hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Masih berbau olahan daging kerbau, aroma soto kian nikmat saat diberi perasan jeruk nipis, sambal dan sedikit kecap. Jangan lupa tambahakan sate telor puyuh atau sepotong perkedel kentang agar terasa makin nikmat.

Terakhir, tentu tak boleh melupakan jenang Kudus untuk oleh-oleh ya. Rasanya yang kenyal dengan sedikit aroma karamel dan biji wijen membuat cemilan yang satu ini wajib dibawa pulang.

 

Rexona Brightest Squad Hunt 2020 - Coaching Class - 24 November 2020

Jangan Lewatkan