Berlibur Sambil Belajar Membuat Gerabah? Di Sini Tempatnya

Jika Anda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda seperti para peserta #DreamTrip, Desa Wisata Kasongan bisa menjadi pilihan.

Puri Yuanita
| 3 Mei 2016 17:25

Dream - Berlibur biasanya diisi dengan mengunjungi destinasi-destinasi wisata menarik, entah itu yang berada di luar kota atau bahkan luar negeri. Destinasi yang dituju para traveler umumnya adalah tempat-tempat yang menawarkan keindahan alam dan keragaman kuliner.

Namun, jika ingin liburan Anda terasa lebih bermanfaat dan berkesan, kunjungi tempat-tempat yang menawarkan sensasi berbeda, seperti Desa Wisata Kasongan di Yogyakarta. Tak cuma bisa berwisata, di desa ini para wisatawan dapat pula belajar membuat aneka kerajinan dari gerabah.

Dalam #DreamTrip Yogyakarta kali ini, para peserta yang didukung oleh Wardah, Hotel Tentrem dan Jogja Geo Wisata juga beruntung karena berkesempatan mengunjungi Desa Wisata Kasongan.

Desa Wisata Kasongan merupakan daerah pemukiman para kundi atau buyung, sebutan untuk para pembuat kerajinan gerabah atau tembikar. Hingga saat ini, Desa Kasongan menjadi salah satu tujuan wisata di Yogyakarta yang banyak diminati turis.

Deretan showroom atau rumah-rumah galeri di Kasongan memajang dan menawarkan beragam barang kerajinan dari gerabah dan bahan lainnya, seperti guci, pot bunga, lampu hias, miniatur kendaraan (becak, sepeda, mobil), aneka tas, patung hingga souvenir pernikahan. 

Desa Wisata Kasongan terletak di Pedukuhan kajen, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Di sini terdapat sebuah patung legendaris yang menjadi ikon, yaitu Patung Loro Blonyo. Loro Blonyo adalah patung sepasang pengantin yang dipercaya akan memberikan keberuntungan jika ditaruh di dalam rumah.

Patung ini pertama kali diperkenalkan oleh Galeri Loro Blonyo yang diadopsi dari patung pengantin milik Keraton Yogyakarta. Saat menyusuri Desa Wisata Kasongan, para peserta #DreamTrip berkesempatan singgah di salah satu rumah produksi gerabah untuk melihat dan belajar langsung proses pembuatan kerajinan khas Kasongan itu.

Para peserta singgah di rumah produksi gerabah milik Pak Dayad. Di sana mereka diajarkan cara membuat, mewarnai dan melukis gerabah. Pak Dayad langsung yang memberikan arahan, dan para peserta dipersilahkan mewarnai aneka gerabah sesuai kreasi dan selera mereka sendiri.

Kemudian, asisten Pak Dayad menunjukkan langsung proses pembuatan gerabah dari tanah liat. Dengan telaten ia membentuk tanah menggunakan alat putar hingga menjadi vas bunga yang cantik. Para peserta #DreamTrip begitu antusias memperhatikan. Dan beberapa di antara mereka pun terjun langsung untuk membuat gerabah dari tanah liat.

" Seru banget. Nggak nyesel ikut #DreamTrip. Nggak cuma jalan-jalan, tapi bisa belajar langsung membuat gerabah seperti ini," ujar Adel, salah seorang peserta.

Nah, jika Anda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda seperti para peserta #DreamTrip, Desa Wisata Kasongan bisa menjadi pilihan.

Topik Terkait :

Warganet Ramai mendoakan Ariel Noah dan Dina Lorenza Berjodoh

Jangan Lewatkan