Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menyusuri Putrajaya, Sisi Lain Malaysia

Menyusuri Putrajaya, Sisi Lain Malaysia Istana Perdana Menteri Malaysia (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Dream - Mungkin selama ini kita mengenal Kuala Lumpur sebagai Ibu Kota Malaysia. Anggapan ini tidaklah salah, karena hingga saat ini status tersebut tetap diemban oleh Kuala Lumpur.

Selain itu, Kuala Lumpur selalu jadi destinasi wajib bagi traveler yang berkunjung ke Malaysia. Salah satu tempat yang begitu populer yaitu Twin Tower atau menara kembar.

Tetapi, jangan pernah berharap menemukan gedung pemerintahan di Kuala Lumpur, apalagi Istana Perdana Menteri. Karena, sejak 10 Mei 1999, pusat administrasi Malaysia berpindah ke Putrajaya.

Putrajaya merupakan kawasan yang dibangun dengan konsep smart city. Tata ruangnya dibuat demikian rupa dengan mengutamakan konsep taman kota.

Bersama Kementerian Pariwisata Malaysia, Dream berkesempatan mengunjungi kawasan Putrajaya. Destinasi yang dituju adalah Alun-alun Putra.

Alun-alun Putra

Alun-alun Putra, Putrajaya (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Alun-alun Putra merupakan taman umum yang dibangun dengan konsep artistik. Pada bagian tengah taman ini terdapat satu tiang bendera tertinggi dikelilingi beberapa tiang bendera lebih rendah.

Tiang utama berisi Bendera Malaysia, sedangkan sembilan tiang lainnya dipasangi Bendera Negara Bagian. Ini melambangan Negara Malaysia menaungi 11 Negara Bagian dan tiga wilayah persekutuan.

Pada sisi utara Alun-alun Putra, terdapat bangunan megah dengan gaya arsitektur khas Melayu. Bangunan tersebut merupakan Istana Perdana Menteri.

Istana Perdana Menteri Malaysia

Istana Perdana Menteri Malaysia (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Di tempat inilah, Perdana Menteri Malaysia berkantor. Juga menerima tamu-tamu kenegaraan.

Laiknya Istana Negara, tempat ini juga tertutup untuk umum. Hanya mereka yang memiliki identitas khusus saja bisa mengakses ke dalam.

Sedangkan di sisi barat, terdapat Masjid Putra. Masjid ini dibangun dengan konsep megah dua lantai dan mengapung di atas danau.

Masjid Putra

Masjid Putra, Putrajaya (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Masjid ini kerap menjadi destinasi traveler, terutama Muslim. Desain yang megah dengan unsur Melayu yang kuat menjadi daya tarik tersendiri Masjid Putra.

Sedangkan di sisi selatan Alun-alun Putra terbentang Boulevard. Di kanan kiri boulevard berdiri gedung-gedung Kementerian dan Lembaga Negara.

Beberapa di antaranya yaitu Istana Keadilan yang merupakan gedung Mahkamah Agung Malaysia serta Istana Para Hakim. Juga terdapat gedung Jabatan Anti Rasuah Malaysia atau Komisi Anti Korupsi Malaysia.

Sedangkan di ujung Boulevard terdapat Putrajaya International Convention Center. Gedung pertemuan yang didirikan di atas bukit selatan.

Putrajaya International Convention Center

Putrajaya International Convention Center (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Gedung ini memiliki desain unik, terinspirasi dari bentuk pending perak yang merupakan kepala ikat pinggang Raja Melayu. Dari tempat ini, kita bisa menyaksikan pemandangan Putrajaya yang indah dari ketinggian.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tetap di Dalam Rumah, tapi Tak Terasa Ternyata Sudah Pindah Negara
Tetap di Dalam Rumah, tapi Tak Terasa Ternyata Sudah Pindah Negara

Kalau ingin punya satu rumah di dua negara, ini mungkin pilihan yang bagus.

Baca Selengkapnya
Heboh Pengembala Kambing Jadi Tersangka Usai Lawan Pencuri hingga Tewas, Begini Nasibnya Sekarang
Heboh Pengembala Kambing Jadi Tersangka Usai Lawan Pencuri hingga Tewas, Begini Nasibnya Sekarang

Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang menghentikan penuntutan kasusnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah
BUNGKUS! Tes Kemistri Nama Buah

Seberapa dekat hubungan dengan temanmu, kira-kira mereka bisa jawab nggak nama buah-buahan ini?

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis
BUNGKUS! Challenge Makan Jeruk Nipis

Sahabat Dream, seru juga nih tes tingkat ketahanan kamu makan buah jeruk nipis. Kira-kira kalau kalian masuk yang mana nih?

Baca Selengkapnya