Menyusuri Putrajaya, Sisi Lain Malaysia

Kuala Lumpur memang Ibu Kota Malaysia, tapi kota administratif sesungguhnya dari negara tersebut adalah Putrajaya.

Ahmad Baiquni
| 13 September 2019 14:20

Dream - Mungkin selama ini kita mengenal Kuala Lumpur sebagai Ibu Kota Malaysia. Anggapan ini tidaklah salah, karena hingga saat ini status tersebut tetap diemban oleh Kuala Lumpur.

Selain itu, Kuala Lumpur selalu jadi destinasi wajib bagi traveler yang berkunjung ke Malaysia. Salah satu tempat yang begitu populer yaitu Twin Tower atau menara kembar.

Tetapi, jangan pernah berharap menemukan gedung pemerintahan di Kuala Lumpur, apalagi Istana Perdana Menteri. Karena, sejak 10 Mei 1999, pusat administrasi Malaysia berpindah ke Putrajaya.

Putrajaya merupakan kawasan yang dibangun dengan konsep smart city. Tata ruangnya dibuat demikian rupa dengan mengutamakan konsep taman kota.

Bersama Kementerian Pariwisata Malaysia, Dream berkesempatan mengunjungi kawasan Putrajaya. Destinasi yang dituju adalah Alun-alun Putra.

 Alun-alun Putra

Alun-alun Putra, Putrajaya (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Alun-alun Putra merupakan taman umum yang dibangun dengan konsep artistik. Pada bagian tengah taman ini terdapat satu tiang bendera tertinggi dikelilingi beberapa tiang bendera lebih rendah.

Tiang utama berisi Bendera Malaysia, sedangkan sembilan tiang lainnya dipasangi Bendera Negara Bagian. Ini melambangan Negara Malaysia menaungi 11 Negara Bagian dan tiga wilayah persekutuan.

Pada sisi utara Alun-alun Putra, terdapat bangunan megah dengan gaya arsitektur khas Melayu. Bangunan tersebut merupakan Istana Perdana Menteri.

 Istana Perdana Menteri Malaysia

Istana Perdana Menteri Malaysia (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Di tempat inilah, Perdana Menteri Malaysia berkantor. Juga menerima tamu-tamu kenegaraan.

Laiknya Istana Negara, tempat ini juga tertutup untuk umum. Hanya mereka yang memiliki identitas khusus saja bisa mengakses ke dalam.

Sedangkan di sisi barat, terdapat Masjid Putra. Masjid ini dibangun dengan konsep megah dua lantai dan mengapung di atas danau.

 Masjid Putra

Masjid Putra, Putrajaya (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Masjid ini kerap menjadi destinasi traveler, terutama Muslim. Desain yang megah dengan unsur Melayu yang kuat menjadi daya tarik tersendiri Masjid Putra.

Sedangkan di sisi selatan Alun-alun Putra terbentang Boulevard. Di kanan kiri boulevard berdiri gedung-gedung Kementerian dan Lembaga Negara.

Beberapa di antaranya yaitu Istana Keadilan yang merupakan gedung Mahkamah Agung Malaysia serta Istana Para Hakim. Juga terdapat gedung Jabatan Anti Rasuah Malaysia atau Komisi Anti Korupsi Malaysia.

Sedangkan di ujung Boulevard terdapat Putrajaya International Convention Center. Gedung pertemuan yang didirikan di atas bukit selatan.

 Putrajaya International Convention Center

Putrajaya International Convention Center (Dream.co.id/Ahmad Baiquni)

Gedung ini memiliki desain unik, terinspirasi dari bentuk pending perak yang merupakan kepala ikat pinggang Raja Melayu. Dari tempat ini, kita bisa menyaksikan pemandangan Putrajaya yang indah dari ketinggian.

Topik Terkait :

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan

Jangan Lewatkan