Bukan Editan, Gunung Ini Warna-warni bak Pelangi

Dari mana asal warna-warni pada gunung ini?

Dwifantya
| 12 Mei 2018 08:02

Dream - Dari kejauhan, semua gunung terlihat berwarna biru. Namun, berbeda dengan gunung yang ada di Peru ini. Gunung ini memiliki aneka warna seperti pelangi, pantaslah sebutannya adalah Rainbow Mountains.

Gunung yang bernama asli Vinicunca merupakan salah satu keajaiban alam. Saat foto gunung ini diunggah oleh beberapa wisatawan, banyak orang menyangka gambar itu adalah editan. Kamu salah, gunung warna-warni ini asli lho!

Apa yang membuat pegunungan ini berwarna layaknya pelangi?

Dikutip dari Huffington Post, Jumat 11 Mei 2018, ternyata es yang menutupi Gunung Vinicunca meleleh dan tanah terus terkikis, lapisan mineral yang berbeda terpapar meninggalkan serangkaian garis warna-warni di sepanjang punggung bukit. Merah berasal dari oksidasi besi alias karat, warna kuning muncul karena kehadiran sulfida besi, ungu kecoklatan berasal dari goetit atau limonit teroksidasi, dan klorit menyebabkan berbagai warna hijau dan bukan muncul lantaran vegetasi.

Untuk menuju ke gunung pelangi ini kamu harus pergi ke Cusco dengan mengambil penerbangan lanjutan dari ibu kota Peru, Lima. Dari sana, wisatawan dapat menempuh perjalanan selama tiga jam dengan bus. Biayanya sekitar US$30 atau setara Rp420 ribu per orang.

Untuk mencapai titik pencarian yang paling mengesankan, kamu harus mendaki jalan setapak sekitar 9 kilometer pulang-pergi. Saran bagi wisatawan yang ingin menuju ke destinasi terindah ini, kamu sebaiknya memulai perjalanan dari pagi hari, sekitar pukul 3.30. Karena membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menuju ke sana.

Cuaca menjadi faktor utama dalam perjalanan ini dan menentukan seberapa indah pemandangan yang bisa kamu lihat. Pada hari yang cerah dan bersinar, gunung Vinicunca benar-benar terlihat seperti pelangi bergelombang. Dan meskipun ketinggian dapat menjadi faktor yang menantang bagi beberapa pejalan kaki, menghabiskan beberapa hari di Cusco sebelum Anda mengunjungi pegunungan akan membantu Anda menyesuaikan diri lebih cepat.

Topik Terkait :

Solidaritas Era Digital Pesta Rakyat Simpedes 2020

Jangan Lewatkan