Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Menakjubkan Negara yang Berhasil Bangkit Dari Bencana

Cara Menakjubkan Negara yang Berhasil Bangkit Dari Bencana Foto: Instagram/innovative_travel

Dream – Sekretaris Jenderal PBB mengeluarkan seruan bagi startup dan juga pengusaha untuk dapat berkontribusi dalam mengurangi dampak pandemi Cuovid-19. Terutama dalam sektor pariwisata.

Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO) menyebutkan wisatawan turun 30 persen bila dibanding 2019. UNWTO juga mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, dunia sudah pernah menghadapai krisis ekonomi global yang menyebabkan penurunan jumlah kunjungan wisatawan.

Seperti saat wabah SARS tahun 2003 menyebabkan sektor wisata turun 0,4 persen. Meski begitu, sektor pariwisata membuktikan ketahanannya.

Melonjaknya kunjungan wisatawan hingga 2019 menjadi bukti konkrit. Hal ini dapat terjadi karena dukungan dan kerjasama global serta cara-cara unik masing-masing negara untuk bangkit dari keterpurukan.

Berikut adalah beberapa contoh negara yang berhasil bangkit dari berbagai keterpurukan akibat bencana global.

Islandia

 

Sebuah negara dengan banyak gunung berapi aktif. Sebuah letusan Eiger di Islandia pada 2010, memaksa banyak negara di Eropa untuk menutup wilayah terutama untuk jalur udara.

Penutupan dilakukan selama beberapa hari dan menjadi yang terbesar sejak Perang Dunia II. Ditambah, penutupan terjadi tepat setelah krisis keuangan 2008.

Sebagai upaya untuk mengembalikan industri pariwisata, banyak negara mulai menyoroti bagaimana Islandia bangkit. Islandia menggunakan webcam yang direkam langsung agar dapat membujuk para wisatawan mau berkunjung kembali. Hal tersebut ternyata berdampak besar bagi bangkitnya sektor pariwisata.  

      Lihat postingan ini di Instagram

#iceland #hiking #mountains #view #beautiful #igers #instagood #ig_iceland #iphone #blue #bluesky #sky #clouds #hunting #ptarmiganhunting #snow #igersiceland #igdaily

Sebuah kiriman dibagikan oleh Iceland Tour-Guide (@iceland.tourguide) pada

Kerala, India Selatan

 

Banjir monsoon yang menghancurkan Kerala pada 2018 menyebabkan hampir 2 juta penduduk yang bergantung dari sektor pariwisata terkena dampak langsung.

Selain itu, menurunnya jumlah traveler menyebabkan Kerala harus menggunakan cara-cara unik untuk menarik minat para wisatawan.

Kerala menggunakan bantuan dari pada selebriti dan publik figure lainnya untuk mengkampanyekan pariwisata Kerala.

Pabrik Samsonite juga banyak mendapatkan pelanggan dari iklan “Kerala is Open” yang berfokus pada manfaat fungsional produk mereka.

Pemain kriket India, Virat Kohli, menulis sebuah surat terbuka dimana ia menyoroti keajaiban dari pantai Keralite. Ia membagikan pengalaman menarik tentang pantai Keralite kepada penggemarnya.

      Lihat postingan ini di Instagram

Pristine beaches, sandstone cliffs, stunning temples and more await you in wonderful Varkala. When will you make your trip?

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kerala Tourism (@keralatourism) pada

Filipina

 

Filipina dilanda angin topan, yang menyebabkan sebagian besar sektor pariwisata lumpuh. Namun pihak berwenang mulai menyadari bahwa kunjungan wisatawan terbesar justru berasal dari warga negara mereka sendiri.

Hal tersebut lebih memudahkan untuk mejangkau mereka dengan bantuan teknologi. Dengan menggunakan istilah dalam kampanye “Lebih menyenangkan di Filipina” pemerintah berharap para wisatawan akan berbagi pengalaman mereka melalui media sosial masing-masing.

Departemen Pariwisata Filipina pun menggunakan foto-foto yang dibagikan oleh wisatawan domestik. Hal ini menyebabkan kenaikan 231 persen dalam hit Google.

      Lihat postingan ini di Instagram

ATM: Street dancing competition at the 40th Lanzones Festival in Camiguin. Students and different participants from local government units (LGUs) grace the street in their traditional Higaonon attire, designed with lazones crafts and intricate bead works. Perfomances are often accompanied by the Diwata, as it is believed to be responsible for keeping the fruit sweet. The month-long festivity includes an array of activities such as street dancing competition, Miss Camiguin Tourism 2019, Lanzones Fruit Eat All You Can, tennis tournaments, among others. #ItsMoreFunInThePhilippines #MoreFunForever #FeelCamiguin #LanzonesFestival

Sebuah kiriman dibagikan oleh The Philippines (@tourism_phl) pada

Brussel

 

Brussel melalukan penutupan wilayah setelah adanya serangan teroris pada tahun 2015 di Paris. Dibutuhkan kampanye yang unik untuk meyakinkan para wisatawan untuk berkunjung kembali.

Kampanye Call Brussels adalah acara untuk menelepon orang asing secara acak. Lebih dari 12.000 panggilan direkam dari 154 negara. Kampanye ini menghasilkan sekitar 9 juta posting di media sosial sehingga membangun kekuatan dalam pemasaran pariwisata Brussel.

      Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Brussel Tourism (@brusseltourism) pada

Jepang

 

Jepang mengalami krisis setelah terjadinya gempa bumi dan tsunami tahun 2011. Menyebabkan Jepang kehilangan sebagian besar kunjungan wisatawan. Jepang menggunakan bantuan wisatawan yang sukarela membagikan pengalaman mereka. Jepang tak hanya tentang tsunami namun juga bunga sakura yang bermekaran dan samurai yang melegenda.

Semua pengalaman yang dibagikan ini menjadi cara yang ampuh untuk Jepang dapat menarik kembali kunjungan wisatawan. Bahkan Jepang menetapkan rekor baru untuk dirinya sendiri pada 2019 dengan 31,9 juta pengunjung asing, meningkat 2,2 persen dari 2018.

 

 

      Lihat postingan ini di Instagram

Springtime in Japan is nothing less than magical. From late March to mid-April or even early May, the country's iconic sakura (cherry blossoms) capture the attention of visitors and locals as their beautiful pink flowers blanket the country in soft, colorful splendor. Tag your Partner to #triptojapan —————————————————————————— ???? Photographer: @_tuck4 Want to be featured ? . ???????? Follow @Japantourism1. ???? Tag #Japantourism1——————————————————————————— #??? #???? #???? #???? #???? #tokyo#nightlife#citylife#citylights#tokyoatnight#unesco#unescoworldheritage#landscapephotography #landscape #visitjapan #ilovejapan #Japan #japaneseculture #explorejapan #temple #discoverjapan #cherry #cherryblossom

Sebuah kiriman dibagikan oleh Japan Tourism Guide | ????? (@japantourism1) pada

(Sumber: asiaone.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
Heboh Pengembala Kambing Jadi Tersangka Usai Lawan Pencuri hingga Tewas, Begini Nasibnya Sekarang

Heboh Pengembala Kambing Jadi Tersangka Usai Lawan Pencuri hingga Tewas, Begini Nasibnya Sekarang

Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang menghentikan penuntutan kasusnya.

Baca Selengkapnya
Fakta-Fakta Pasien Covid-19 JN.1 di Batam Meninggal Dunia

Fakta-Fakta Pasien Covid-19 JN.1 di Batam Meninggal Dunia

Diketahui, varian JN.1 pertama kali dilaporkan di Indonesia pada bulan November lalu.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Ganjar Buka-bukaan Data Ranking Pertahanan Indonesia Turun, Prabowo Malah Salahkan Covid-19

Ganjar Buka-bukaan Data Ranking Pertahanan Indonesia Turun, Prabowo Malah Salahkan Covid-19

Ganjar pun mengaku tidak puas atas jawaban ini. Ia menganggap Prabowo tidak menjawab sama sekali pertanyaannya

Baca Selengkapnya
Keuntungan Tinggal di Negara Tropis dan Lembap untuk Kulit, Sudah Tahu?

Keuntungan Tinggal di Negara Tropis dan Lembap untuk Kulit, Sudah Tahu?

Ternyata, tinggal di lingkungan tropis dan lembap bisa mendukung kesehatan kulit. Bahkan, kondisi itu dinilai lebih baik dibanding lingkungan bersuhu dingin.

Baca Selengkapnya