Cerita Davina Rela Susuri Pulau Tak Berpenghuni Demi Sampah

Meskipun kecil dan tak berpenghuni, pulau ini cukup indah dan menjadi tempat yang paling strategis untuk memancing ikan.

Puri Yuanita
| 20 Maret 2017 14:33

Dream - Di Indonesia banyak sekali destinasi wisata alam yang menawarkan pemandangan indah. Mulai dari pegunungan, pantai, danau, taman nasional hingga deretan pulau di nusantara yang layak untuk dijadikan tempat wisata.

Sayangnya, banyak pengunjung dan masyarakat setempat yang kurang menjaga dan merawat berbagai destinasi wisata tersebut.

Ditemui dalam event 'Beauty Class with Biokos' yang digelar Martha Tilaar bekerjasama dengan WWF Indonesia, artis Davina Veronica yang merupakan Duta WWF Indonesia berbagi cerita seputar kunjungannya ke pulau tak berpenghuni di daerah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Kepulauan seribu yang terkenal dengan pulau-pulaunya yang indah dan banyak menawarkan paket wisata murah, sering dijadikan tempat wisata bagi masyarakat yang umumnya berasal dari Jakarta dan sekitarnya. Ternyata, tak semua pulau di kawasan ini berpenghuni lho. Salah satu pulau tak berpenghuni itu adalah Pulau Damar.

davina

Meskipun kecil dan tak berpenghuni, pulau ini cukup indah dan menjadi tempat yang paling strategis untuk memancing ikan. Bersama dengan komunitas " Wish Clean Up" miliknya, Davina Veronica datang dan mulai melakukan pembersihan sampah yang terdapat di Pulau Damar.

" Saya datang ke sana bersama teman-teman untuk proses pembersihan sampah, tapi saya kaget. Meskipun tak berpenghuni sampah di sana banyak banget," kata Davina saat ditemui Dream beberapa waktu lalu.

" Pulaunya kecil, saya dan teman-teman mulai membersihkan dari jam 9 pagi sampai jam 4 sore. Sekitar satu perempat wilayah pulau itu sudah kami bersihkan," ungkap Davina kembali.

davina

Tak hanya itu, ketika Davina pergi berlibur ke Taman Nasional Wakatobi, ia juga menemukan banyak koral hancur akibat kegiatan oknum " nakal" di masyarakat, yang masih saja menggunakan peledak untuk menangkap ikan.

Davina merasa sangat prihatin dengan kondisi destinasi wisata yang ada di Indonesia. Ia pun mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut menjaga keindahan destinasi wisata dengan cara melaporkan berbagai kegiatan perusakan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab kepada pemerintah melalui aplikasi mobile milik WWF Indonesia, 'Marrine Buddies'.

" Yuk ikut berpartsipiasi, kalau misalnya kalian melihat tindak perusakan langsung laporkan di aplikasi Marrine Buddies biar langsung dilakukan pembenahan oleh pemerintah," tutur Davina.

(Laporan: Awalendi EP)

Topik Terkait :

Kisah Cinta 7 Presiden RI

Jangan Lewatkan