Cerita di Balik Pohon Wanaka yang Hebohkan Netizen Dunia

Pohon ini sampai punya hashtag khusus di media sosial, yakni #thatwanakatree.

Puri Yuanita
| 2 Desember 2017 08:19

Dream - Bagaimana sebatang pohon di sebuah danau menjadi begitu hits di media sosial hingga punya hashtag sendiri #thatwanakatree. Sebatang pohon tunggal yang tumbuh dari pasak di Pulau Selatan Selandia Baru telah menjadi sensasi yang unik di media sosial.

Pohon willow yang retak di tepi Danau Wanaka itu diperkirakan sudah berdiri selama 80 tahun. Mungkin kamu akan berpikir ini bukan hal yang luar biasa. Namun, pohon yang sangat tua ini telah menjadi bintang media sosial. Dikenal sebagai #thatwanakatree (#pohonwanakaitu), pohon ini menarik banyak perhatian fotografer dari segala penjuru dunia yang bersemangat untuk mendapatkan foto yang bagus.

Penjaga sejarah lokal, seniman Wanaka dan penulis bernama Gwenda Rowlands yang berusia 85 tahun, mengenang pohon tersebut dari sejak 70 tahun yang lalu, ketika ia pertama kali mengunjunginya dengan menaiki perahu kecil dengan ayah dan adiknya.

" Kala itu tahun 1939, dan aku ingat pohon itu tumbuh di sana - dan ini bukan baru saja terjadi kemarin," ujarnya kepada media. " Jadi, selama ini pohon itu tumbuh perlahan… itu menunjukkan bahwa apapun yang hidup memiliki keinginan untuk bertahan hidup."

Nah, kalau kamu tertarik untuk menyaksikan pohon fenomenal itu, datanglah ke Wanaka, Selandia Baru. Wanaka adalah kota resor dekat Queenstown di Pulau Selatan Selandia Baru, yang dapat ditempuh dalam kurang dari satu jam jarak mengemudi dari Bandara Internasional Queenstown. Kota tersebut terletak di ujung selatan Danau Wanaka, yang populer untuk berperahu ketika musim panas.

Terdapat tiga area ski yang sangat dekat dari kota dan atraksi Wanaka lainnya seperti mendaki di Taman Nasional Gunung Aspiring, hingga bersepeda gunung. Belakangan ini, lusinan fotografer amatir dan profesional berkumpul di tepi Danau Wanaka ketika dini hari dan petang untuk memotret Pohon Wanaka yang mereka sebut sebagai " gambar paling fotogenik di dunia" . Pohon ini pun juga memiliki satu laman di Facebook yang didedikasikan, dan juga telah dimuat di berbagai publikasi internasional seperti The Guardian dan The Sydney Morning Herald.

Tagar #thatwanakatree telah digunakan lebih dari 13.000 kali di Instagram. Pohon ini menjadi fokus tur fotografi, dan bahkan banyak orang yang berpose di sampingnya, mengambil foto pernikahan mereka di depannya, atau bahkan bermeditasi di bawahnya.

Pada 2015 silam, lebih dari 100 orang menghadiri sebuah acara Instameet di Wanaka untuk mengambil gambar pohon ini, termasuk beberapa Instagrammer mancanegara terkenal seperti Young Adventuress (Liz Carlson), @helloemilie (Emilie Ristevski) dan @LeBackpacker (Johan Lolos).

Carlson, yang mengadakan acara Instameet ini, berkata bahwa acara tersebut adalah " tempat yang cocok, waktu yang pas, dan badai yang sempurna" yang menjadi awal mula dari sensasi dan fenomena yang menarik banyak perhatian di Wanaka ini. " Ini mengubah wajah pariwisata di sini," ujarnya.

Bagi Gizelle Regan dari Pariwisata Danau Wanaka, kepopuleran pohon ini disebabkan oleh kemudahan akses ke pusat Kota Wanaka, kesimetrisan pohon tersebut, dan latar belakang yang menawan dilengkapi dengan puncak gunung yang berselimut salju dan juga danau yang besar dan berkilau. Regan menyebut pohon ini sebagai " ikon" yang klasik dan identik dengan Wanaka, dan telah membantu membawa banyak pengunjung ke kota ini.

 

Topik Terkait :

Polemik Donald Trump - Suara Hati Jenderal Gatot Nurmantyo

Jangan Lewatkan