Cerita Muslim Rayakan Ramadan di Tengah Pandemi di Hong Kong

Ramadan ini menjadi kali kedua umat Islam Hong Kong berpuasa di tengah pandemi Covid-19.

Ahmad Baiquni
| 29 April 2021 11:10

Dream - Saat ini, umat Islam di seluruh penjuru dunia tengah menjalani Bulan Suci Ramadan. Kegiatan ibadah ditingkatkan, terutama dengan menjalankan puasa wajib.

Demikian halnya dengan komunitas Muslim di Hong Kong. Ramadan ini menjadi kali kedua mereka merayakan puasa di tengah pandemi Covid-19.

Hong Kong memiliki banyak pilihan tempat makan dan toko halal. Juga ada lima masjid besar yaitu Masjid Kowloon, Masjid Al Ammar, Masjid Jamie, Masjid Chai Wan dan Masjid Stanley serta sejumlah mushola di berbagai tempat.

Imam Besar Hong Kong, Muhammad Arshad, mengatakan situasi Ramadan di Hong Kong terasa berbeda sejak pandemi Covid-19 melanda. Tahun lalu, masjid ditutup sekitar setengah bulan Ramadan dan setelahnya dibuka namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 Imam Besar Hong Kong Muhammad Arshad

Imam Besar Hong Kong di Masjid Kowloon, Muhammad Arshad

" Ramadan tahun lalu dan tahun ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya," kata Arshad.

Arshad menerangkan komunitas muslim Hong Kong masih melaksanakan sholat Tarawih di dalam masjid dengan protokol kesehatan yang ketat termasuk menjaga jarak. Kegiatan buka puasa di mana jemaah selalu membawa makanan untuk dibagikan juga ditiadakan.

" Sebelum pandemi melanda, di Masjid Raya Kowloon, setiap malamnya, sholat tarawih biasanya akan diikuti sekitar 1.500 sampai 2.000 jemaah. Namun saat ini, kami hanya melaksanakannya bersama staf masjid," ucap Arshad.

 

Selanjutnya :

Pengaruh Pandemi Pada Bisnis Restoran Halal Hong Kong

Dukung Penanganan Covid-19, Rachel Vennya Malah Terancam 1 Tahun Penjara

Jangan Lewatkan