Cerita Muslim Rayakan Ramadan di Tengah Pandemi di Hong Kong

Ramadan ini menjadi kali kedua umat Islam Hong Kong berpuasa di tengah pandemi Covid-19.

Ahmad Baiquni
| 29 April 2021 11:10

Cerita Warga Indonesia di Hong Kong

Biasanya, Dompet Dhuafa Hong Kong menggelar acara buka puasa dan Tarawih dengan mengundang beberapa ustaz dan ustadzah dari Indonesia. Selain itu, juga menggelar sholat Idul Fitri di taman-taman besar di Hong Kong.

Imam bersama keluarganya sudah tinggal di Hong Kong lebih dari dua tahun. Dia mengelola Dompet Dhuafa Hong Kong pada Januari 2019.

Bagi Imam, kepindahannya ke Hong Kong merupakan kesempatan untuk melihat dunia dan menjangkau sesama Muslim Indonesia yang bermukim di Hong Kong. Selain itu, Hong Kong bagaikan sebuah bejana, di mana dia bisa melihat dan merasakan budaya yang berbeda.

Imam juga melihat masyarakat Hong Kong sangat terbuka akan agama dan budaya lain. Imam juga sangat mengapresiasi betapa dinamisnya sekolah di Hong Kong.

Anak perempuan tertuanya yang sudah masuk SD juga berbagi hal yang sama. Dia diberi kebebasan untuk shalat di sekolah oleh para guru.

"Beberapa teman sekolahnya penasaran dengan doanya. Dia kemudian memberikan penjelasan dan mereka memahami serta menghormati rutinitasnya," jelas Imam.

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan