Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Dekat dari Jakarta, Inilah Tempat Wisata Hits di Purwakarta

Dekat dari Jakarta, Inilah Tempat Wisata Hits di Purwakarta Taman Sri Baduga, Purwakarta (Foto: La-derra.co.id)

Dream - Anda mencari tujuan wisata yang dapat dijangkau dari Jakarta? Ada pilihan baru selain Bogor dan Bandung. Cobalah mampir ke Purwakarta.

Jaraknya yang hanya 80 km dari Jakarta dan 85 km dari Kota Bandung, Purwakarta tengah bersolek untuk menjadi tujuan wisata.

"Kalau yang sudah bolak-balik Jakarta dan Kepulauan Seribu, bisa mencari variasi sedikit dengan bergeser ke Purwakarta. Hanya satu jam dari Jakarta lewat Tol Padalarang. Banyak alternatif keindahan alam dan buatan yang layak ditonton di sana," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, dikutip dari Pesona.indonesia.travel.

Kabupaten Purwakarta memiliki banyak obyek wisata yang unik, asri, nyaman, dan juga wisata buatan air mancur yang baru saja mengalami renovasi besar-besaran. Tempat itu bernama Taman Sri Baduga. Taman tersebut letaknya di pusat kota. Taman dengan air mancur yang dilengkapi light effect ini baru saja menjalani masa peresmian kedua beberapa bulan lalu dan langsung menjadi ikon Kota .

"Di sekitar air mancur ini terdapat Situ Beleud dengan luas 4 hektar yang makin mempercantik pemandangan sekitar air mancur. Air mancur di Taman Sri Baduga ini disebut-sebut bakal menyaingi air mancur Wing of Time di Singapura. Datanglah pada hari Sabtu dan Minggu malam atau di sepanjang Libur Lebaran, untuk menyaksikan light effect air mancur paling keren," kata pria asal Banyuwangi yang dipercaya Presiden Joko Widodo sebagai Menpar ini.

Inilah 5 destinasi menarik di Purwakarta yang wajib Anda kunjungi.

1. Taman Sri Baduga

Jika Anda seorang traveler sejati, suka tantangan, hobi panjat tebing, hiking atau trekking? Di sinilah lokasinya, Wisata Desa Sejuta Batu, di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru. Desa ini dianugerahi alam yang indah dengan beberapa gunung batu yang sering dijadikan lokasi untuk kegiatan pecinta alam.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di desa ini antara lain jelajah desa dengan cara hiking, memancing, panjat tebing, kemping, maupun offroad. Di desa ini pulalah Gunung Parang berada. Karena alamnya yang indah tak sedikit pasangan yang mau menikah melangsungkan sesi foto pre-wedding di desa ini.

2. Curug Cipurut

Curug Cipurut adalah salah satu air terjun di Purwakarta yang wajib masuk dalam daftar kunjungan. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dan terdiri dari 3 tingkatan dimana tingkat tertinggi berukuran 25 meter. Akses menuju ke tempat ini tergolong mudah sebab traveler bisa menumpang angkutan desa atau jalan kaki dari terminal Wanayasa.

Curug Cipurut hanya berjarak 30 kilometer dari pusat Kota Purwakarta atau tepat berada di kaki Gunung Burangrang. Traveler yang berkunjung bisa bermain air di kolam alaminya yang berada di bawah air terjun maupun sekedar refreshing menikmati udara pegunungan yang segar.

Dekat dari Jakarta, Inilah Tempat-tempat Wisata Hits di Purwakarta

3. Gunung Cupu

Tidak ada salahnya saat liburan di Purwakarta kalian berkunjung ke puncak Gunung Cupu yang terletak di daerah Anjun, Plered. Gunung ini selain menampilkan pemandangan alam yang indah dari puncaknya juga memiliki kisah legenda yang mirip dengan kisah Jaka Tarub. Konon dulu ada bidadari yang mandi di telaga dekat gunung ini, kemudian bajunya dicuri seorang pria desa yang akhirnya ia nikahi.

Setelah memiliki anak si pria mengembalikan pakaian tersebut dan bidadari pun pulang ke khayangan. Sebelum kembali ke khayangan bidadari meninggalkan cupu tempat perhiasan untuk pegangan anaknya. Cupu tersebut masih diyakini masyarakat tertinggal di puncak gunung yang kemudian dinamakan Gunung Cupu

4. Gunung Bangkok

Gunung Bangkok adalah destinasi yang cocok untuk dikunjungi pendaki pemula. Gunung setinggi 875 mdpl sangat bersahabat untuk didaki dan digunakan sebagai latihan atau pemanasan sebelum mendaki ke jajaran seven summit di negeri ini. Gunung Bangkok terletak di desa Cikandang, Purwakarta. Dari puncak Gunung Bangkok traveler bisa melihat keindahan waduk Jatiluhur dan juga Gunung Parang.

Gunung ini punya dua puncak bernama Puncak Batu Tumpuk dan Puncak Datar. Traveler yang berkunjung paling suka mendatangi Puncak batu Tumpuk, hanya saja puncak ini hanya cukup menampung sekitar 30 orang saja. Pada akhir pekan yang ramai traveler harus bergantian kalau mau memotret pemandangan alam dari puncak ini.

5. Gunung lembu

Ingin memotret golden sunrise dari Purwakarta? Kamu wajib mempertimbangkan Gunung Lembu sebagai destinasi selanjutnya yang harus dikunjungi. Gunung ini bisa traveler daki melalui desa Panyindangan, kecamatan Sukatani, Purwakarta. Gunung ini cukup bersahabat untuk didaki sebab tingginya hanya sekitar 780 mdpl.

Yang menarik dari gunung ini adalah suguhan pemandangan yang ada di puncak gunung. Jika berkunjung pada pagi hari atau kemping di sana, pesona golden sunrise akan membuat kagum ditambah dengan indahnya pemandangan waduk Jatiluhur yang menghampar luas.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

Sahabat dream yang berhijab lagi bingung mau hangout tapi tidak punya outer? Nah tips satu ini boleh banget kamu coba.

Baca Selengkapnya
Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Sahabat Dream, kira-kira kalian kalau dikasih tebakan minuman ini bisa gak menjawabnya dengan tepat?

Baca Selengkapnya