Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

'Wisata Legenda', Destinasi Andalan Jawa Barat

'Wisata Legenda', Destinasi Andalan Jawa Barat Tangkuban Perahu (Foto: Geulisindonesia.com)

Dream - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus berinovasi dalam membangun sektor pariwisata. Yang terbaru, pemerintah Jabar tengah getol mengembangkan wisata legenda untuk menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kabupaten Bandung dipilih sebagai salah satu wilayah di Jawa Barat yang akan dipromosikan sebagai destinasi wisata legenda andalan. Konsep wisata legenda sendiri bermakna mengkolaborasikan adat dengan literasi cerita mitologi legendaris daerah setempat.

Beberapa daerah di Kabupaten Bandung yang dikembangkan sebagai destinasi wisata legenda antara lain Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Kamojang.

Diungkapkan Bupati Bandung, Dadang M Naser, Kabupaten Bandung memiliki banyak potensi budaya yang siap diindustrikan seperti Bali. Karena itu, pemerintah daerah serius menggarapnya.

"Saya ingin mencontoh Bali. Bali sudah dikenal luas hingga kancah internasional karena punya ciri khas budaya dalam wisatanya. Budaya yang ada di Bali sudah menjadi industri. Sudah menjadi bahan jualan untuk menarik minat wisatawan," kata Dadang dikutip dari situs Indonesia.travel.

"Kami punya Rampak Kendang di Ciparay. Nanti kami atur supaya itu bisa tampil di Gedong Budaya. Ada juga kampung adat di Cikondang. Kawasan itu bisa dikembangkan menjadi desa wisata dengan pendekatan adat," tambahnya.

Selain itu, lanjut Dadang, daerah Kawah Kamojang yang berada di Kecamatan Ibun juga menyimpan potensi wisata legenda yang besar. Di sana terdapat cerita legenda tentang bidadari yang turun dari kahyangan untuk mandi. Kemudian, ada Tangkuban Perahu yang menyimpan cerita tentang Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP