Ditemukan Terowongan Bawah Tanah Misterius, Diduga Tempat...

Tidak banyak bukti yang bisa dikumpulkan tentang terowongan tersebut.

Puri Yuanita
| 7 September 2017 13:19

Dream - Di seluruh Eropa, ada ratusan terowongan bawah tanah yang mengarah kemana-mana dan belum ada catatan sejarah tentangnya belum pernah ditemukan sebelumnya. Mereka kebanyakan berada di negara bagian Bavaria Jerman dan negara tetangga Austria, dimana terowongan-terowongan itu dikenal dengan nama Jerman " Erdstall" , yang berarti 'tempat di bawah bumi'. Secara lokal, mereka juga disebut dengan berbagai nama seperti " Schrazelloch" (berarti 'lubang Goblin') atau " Alraunenhohle" (yang berarti 'gua mandrake') yang mencerminkan berbagai teori dan legenda yang terkait dengan terowongan misterius.

Terowongan Erdstall memiliki ciri khas sangat rendah sehingga manusia dewasa harus berjalan dalam posisi membungkuk saat berada di dalamnya. Bahkan ada yang begitu kecil sehingga orang harus merangkak. Terowongan itu juga sangat sempit, rata-rata sekitar dua meter. Kebanyakan terowongan lebih panjang dari dua puluh meter, tapi panjangnya tidak lebih dari lima puluh meter.

terowongan Erdstall

Beberapa terowongan memiliki lebih dari satu tingkat dengan jalur yang ketat, yang dikenal sebagai " Schlupfe" atau " Slip" , yang menghubungkan terowongan yang lebih tinggi dengan yang lebih rendah. Bagian-bagiannya begitu ketat sehingga seseorang perlu merangkak di bawah lupang Slip, berdiri kemudian meluncur ke melalui lubang yang tidak tertutup rapat, dan keluar latas masuk ke terowongan yang lebih tinggi. Sebuah Schlupfe juga dapat berbentuk horisontal menghubungkan dua terowongan pada tingkat yang sama.

Terowongan Erdstall juga diketahui hanya memiliki satu titik masuk tersembunyi yang sempit tanpa ada pintu keluar yang terpisah. Pintu masuk terowongan kadang-kadang terletak di dapur rumah pertanian tua, dekat gereja dan pemakaman atau di tengah hutan. Dalam suasana gelap dan sepi.

terowongan Erdstall

Terowongan biasanya berakhir di sebuah ruangan yang jauh lebih besar yang dikenal sebagai " Schlusskammer" atau 'ruang akhir'. Periset kerap bertanya-tanya apa sebenarnya fungsi ruang akhir tersebut. Apakah digunakan untuk menyimpan makanan? Apakah untuk menyembunyikan penduduk desa saat rumah mereka dikepung gerombolan orang jahat?

Tidak banyak bukti yang bisa dikumpulkan tentang terowongan tersebut. Kebanyakan dari mereka hampir benar-benar kosong dan tampak bersih. Beberapa berisi alat-alat abad pertengahan seperti bajak besi dan batu giling berat. Analisis penanggalan radiokarbon dari artefak yang diambil di dalam terowongan tersebut menunjukkan bahwa terowongan itu berasal dari abad ke-10 sampai abad ke-13. Tapi satu peneliti Austria, Heinrich Kusch, menduga bahwa beberapa jalur bawah tanah itu kemungkinan sudah ada sejak 5.000 tahun yang lalu.

terowongan Erdstall

Terowongan tidak menunjukkan tanda-tanda penambangan. Mereka terlalu kecil untuk digunakan sebagai gudang bawah tanah, dan terlalu buruk untuk digunakan sebagai tempat tinggal. Mereka jelas bukan makam karena tidak ditemukan jenazah manusia di dalamnya. Satu-satunya teori yang tersisa adalah bahwa terowongan itu merupakan tempat persembunyian. Sayangnya, terowongan-terowongan itu adalah persembunyian yang sangat buruk karena tidak dilengkapi jalan keluar, yang memudahkan pengejar untuk memotong aliran udara dan membunuh semua orang di dalamnya.

Terowongan Erdstall ditemukan di seluruh Eropa tengah. Di Bavaria saja, ada sekitar 700 terowongan semacam itu. Di Austria, ada sekitar 300. Beberapa ditemukan di Prancis, Spanyol dan Inggris Raya. Secara total, sekitar 2.000 terowongan diketahui ada di Eropa.

terowongan Erdstall

(Sumber: amusingplanet.com)

 

Topik Terkait :

Resep Fettucine Carbonara Untuk Bekal Anak

Jangan Lewatkan