Dulu Dikenal Jorok, Kolam Ini Kini Jadi Destinasi Wisata Favorit

Destinasi ini bahkan menjadi lokasi syuting film.

Ahmad Baiquni
| 20 Februari 2019 11:11

Dream - Di Semenyih, Selangor, Malaysia, ada destinasi wisata yang ramai dikunjungi. Orang sekitar mengenalnya dengan Kolam Air Panas Sungai Lalang.

Dikutip dari Siakap Keli, destinasi wisata dengan dua kolam ini menawarkan wisata berendam air hangat. Lokasinya sekitar 12 kilometer dari pusat Pekan Semenyih.

Tak ada yang menyangka dulunya kolam ini dikenal sebagai tempat sangat jorok. Masyarakat sekitar menjadikan kolam ini sebagai tempat penampungan sampah.

Lewat tangan pengusaha setempat, Hanim Raduan, kolam ini dirombak total. Kini, banyak orang rela datang ke tempat ini untuk merasakan sensasi berendam air panas.

 Kolam air panas

Hanim mengatakan sebenarnya penduduk sudah tahu kolam tersebut merupakan sumber mata air panas lebih dari 60 tahun lalu. Tetapi, saat itu tidak ada orang yang mau peduli dan membuang sampah kolam itu.

Pada 2010 lalu, Hanim nekat memperbaiki lahan terbengkalai itu. Dia gunakan modal sendiri untuk mengubah wajah tempat tersebut menjadi jauh berbeda.

" Saat itu, saya butuh waktu sebulan hanya untuk memindahkan sampah. Truk berkapasitas 10 ton dipakai untuk mengangkut sampah sebanyak 200 kali, saya juga memakai dua unit alat berat," kata Hanim.

 Kolam air panas

Pengusaha ini menghabiskan uang mencapai 90 ribu ringgit, setara Rp310 juta, hanya untuk membuang sampah. Dia lalu membangun area seluas 1,04 hektar itu selama 2 tahun, sebelum resmi dibuka sebagai tempat wisata pada 2012 lalu.

Hanya dalam beberapa tahun, kolam air panas ini langsung terkenal. Para pelancong yang datang tidak hanya dari dalam negeri, melainkan juga dari mancanegara terutama Korea dan Taiwan.

Kolam ini juga pernah menjadi lokasi syuting beberapa film lokal dan Singapura Hal ini memberikan nilai tambah perekonomian Seminyih dari sektor wisata.

Hanim bersyukur tempat wisata yang dibangunnya dengan biaya sendiri semakin terkenal.

Topik Terkait :

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan