Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Festival Budaya Isen Mulang 2017 Hadir Suguhkan 20 Atraksi

Festival Budaya Isen Mulang 2017 Hadir Suguhkan 20 Atraksi Konferensi Pers Festival Budaya Isen Mulang 2017 (Foto: Facebook/Kemenpar)

Dream - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menggelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2017 yang akan berlangsung di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalsel pada 19-22 Mei 2017.

"Kami menargetkan 10.000 wisatawan nusantara (wisnus) dan 500 wisatawan mancanegara (wisman)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng Guntur Talajan, dikutip dari keterangan pers tertulis, Minggu 21 Mei 2017.

FBIM 2017 kali ini akan menampilkan 20 kegiatan utama, berupa berbagai seni pertunjukan dan permainan tradisional yang diangkat dari kearifan lokal masyarakat Kalteng. Ada 4 lokasi yakni; Taman Kota Sampit, Sungai Mentaya (Pelabuhan Patung Jelawat), Borneo Citymall, dan Stadion 29 November Kota Sampit.

fbim

Penyelenggaraan event tahunan pesta budaya FBIM ini telah berlangsung sejak 1993. Kegiatan ini dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat sekaligus menjadi sarana untuk mempromosikan potensi pariwisata Kalteng yang bertumpu pada daya tarik budaya (culture), alam (nature), dan wisata buatan (manmade).

Deputi Bidang Pengembangan Promosi Pariwisata Nusantara (BP3N) Kemenpar Esthy Reko Astuti turut mendorong kegiatan ini. Dia berharap event ini mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalteng yang menargetkan sebanyak 553.000 wisatawan pada 2019.

Guntur Talajan menambahkan, FBIM ini semakin meningkat baik dari jumlah kegiatan atau lomba, maupun masyarakat yang datang. "Kami mengundang Pak Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk membuka FBIM 2017 yang berlangsung di Stadion 29 November Sampit pada hari Jumat," kata Guntur Talajan.

fbim

Acara pembukaan FBIM 2017 dimeriahkan dengan kegiatan Karnaval Budaya yang diikuti para peserta dari utusan kabupaten/kota se-Kalteng, SOPD provinsi, SOPD Kabupaten Kotawaringin Timur, sanggar/paguyuban, ormas, swasta, perguruan tinggi, pemuda dan pelajar Kotawaringin Timur.

"Penyelenggaraan FBIM 2017 yang mengangkat tema 'Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah' untuk mendukung Visi dan Misi Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur H. Habib Ismail," kata Guntur Talajan.

Deputi Esthy Reko Astuti berharap FBIM 2017 bisa melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat. Terutama seni pertunjukan dan permainan tradisional yang diangkat dari kearifan lokal, sebagai bagian dari Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Sekaligus untuk mempromosikan potensi pariwisata Kalteng.

Untuk diketahui, event FBIM 2017 dimeriahkan dengan 20 kegiatan utama yakni Karnaval Budaya; Putra-Putri Pariwisata; Tari Daerah; Karungut; Mangenta; Malamang; Mamasak; Mangaruhi; Balogo; Habayang; Maneweng, Manetek, Manyila Kayu; Jukung Tradisional; Besei Kambe; Jukung Hias; Manyipet; Lagu Daerah; Lawang Sakepeng; Fotografi; Sepak Sawut; dan Panginan Sukup Simpan.

fbim

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Festival Mimpi Ibu 2023, Wujudkan Impian Ibu Lebih Berdaya di Hari Spesial

Berlangsung sejak November 2023, acara ini sukses bangkitkan semangat para Ibu untuk berdaya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih lagi harinya cuti masih diminta pekerjaan oleh atasan? Kalau pernah komentar di bawah yaa.

Baca Selengkapnya