Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Garis Sajama, Fenomena Alam Aneh yang Tak Kunjung Terpecahkan

Garis Sajama, Fenomena Alam Aneh yang Tak Kunjung Terpecahkan Garis-garis Sajama (Foto: Cnes/Spot Image/Google/DMapas)

Dream - Melintasi dataran tinggi di Bolivia barat terdapat jaringan ribuan garis lurus yang nyaris sempurna, yang terukir di tanah. Garis-garis ini tidak membuat bentuk apapun, tapi mereka terus melaju hingga puluhan kilometer. Siapa pun yang menciptakan mereka bekerja sangat tepat, yang bukanlah tugas mudah di medan perbukitan dengan batu, semak dan rintangan alam lainnya.

Dinamai sesuai gunung berapi di dekatnya, garis Sajama terletak di bawah bayang-bayang puncak tertinggi Bolivia itu. Dari tanah, garis praktis tak terlihat dan sering diabaikan. Hanya dari udara, orang bisa mengenali karya seni prasejarah terbesar di dunia itu, yang hingga kini masih tak bisa dipahami maknanya.

Garis Sajama rata-rata antara satu dan tiga meter, dan melaju dari beberapa meter sampai beberapa kilometer. Garis terpanjang ukurannya sekitar 20 kilometer. Mereka tercipta dari pembuangan batuan hasil oksidasi yang permukaannya gelap, hingga mengekspos tanah yang lebih ringan di bawahnya.

sajama

Seringkali, garis mencolok dan biasanya agak tinggi sehingga mudah terlihat. Periset berpikir bahwa "pusat radial" ini bisa jadi lokasi kuil kuno, menara pemakaman atau bahkan kota. Sebuah teori menyebutkan bahwa garis tersebut digunakan oleh masyarakat adat sebagai pemandu mereka saat melakukan ziarah suci. Memang, beberapa jalan modern yang menghubungkan kota-kota tampaknya dibangun di atas garis lurus ini.

Secara keseluruhan, garis Sajama mencakup area seluas kurang lebih 22.000 kilometer persegi, yang kira-kira lima belas kali lebih besar dari garis Nazca yang terkenal di Peru selatan. Perkiraan kasar menempatkan panjang linier mereka di 16.000 kilometer dengan wujud yang menakjubkan. Beberapa menganggap, garis Sajama sebagai karya seni terbesar di dunia.

Jumlah garis tipis yang ada menunjukkan bahwa mereka telah dibangun selama banyak generasi yang mencakup ratusan bahkan mungkin ribuan tahun. Iklim gersang dengan curah hujan yang jarang serta vegetasi yang tumbuh lambat, membuat garis tetap relatif utuh.

sajama

Meskipun berada di dekat garis Nazca yang lebih populer di Peru, penelitian tentang garis Sajama masih sangat sedikit. Baru pada tahun 1932, ulasan singkat pertama tentang keajaiban alam ini dibuat dalam bahasa Inggris oleh Profesor Argentina, Aime Felix Tschiffely. Kemudian pada dekade yang sama, Antropolog Alfred Metraux meneliti struktur garis tersebut hingga mendapat perhatian dari para ilmuwan, melalui karya lapangan etnografinya tentang orang-orang Aymara dan Shipaya di wilayah Carangas.

Studi ilmiah pertama dari garis itu dibuat pada tahun 2003 oleh University of Pennsylvania, bekerjasama dengan organisasi yang sekarang sudah tidak berfungsi, yakni the Landmarks Foundation. Sejak itu, belum ada penelitian lebih lanjut yang dilakukan. Selain gambar satelit, bahkan tidak ada foto layak yang tersedia di internet tentang garis Sajama.

(Sumber: amusingplanet.com) 

 

 

Geger Fenomena Alam Aneh Muncul Setelah Gempa

Dream - Gempa berkekuatan 7,8 SR yang terjadi di Selandia Baru pada 14 November 2016 silam telah mengubah kondisi geografis wilayah tersebut khususnya di daerah sekitar pusat gempa.

Di Desa Waiau, sekitar 30 meter sebelah timur Hanmer Spring, Selandia Baru menjadi tempat getaran gempa paling kuat. Tanah di daerah Waiau pun terangkat secara vertikal membentuk sebuah dinding batu yang panjang, dengan tinggi 15 kaki dari permukaan tanah.

selandia baru

Dr Kate Pedley dari University of Canterbury, Departemen Ilmu Geologi bersama rekan-rekannya melakukan sebuah penelitan untuk mendapatkan hasil yang valid mengenai dinding berbatu ini.

Sebuah fenomena lain juga muncul dari bagian yang lain pantai Selandia Baru. Nampak bagian dari dalam dasar laut terdorong keluar membentuk sebuah dinding dengan tinggi 6 kaki. Di bagian dinding tersebut masih menempel rumput laut yang menutupi dan tampak hewan laut kecil di permukaan bawah yang mengelilinginya.

selandia baru

Fenomena dinding dari pantai sebenarnya bukan hanya disebabkan oleh gempa, tetapi juga pergeseran bertahap pada pantai yang sudah terjadi dari ratusan tahun lalu. Fenomena dinding di pantai ini pun akhirnya menjadi salah satu fitur permanen pantai tersebut, menurut GNS Science, sebuah lembaga riset milik pemerintah Selandia Baru.

(Sumber: amusingplanet.com/Awalendi EP)

Bersiaplah, Seluruh Indonesia akan Menikmati Fenomena Alam Ini

Dream - Beberapa waktu lalu para astronom memastikan bahwa sebagian kecil kota-kota di Indonesia akan dilewati Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016 mendatang.

Meski tak seluruh wilayah di Indonesia dilalui fenomena alam yang langka itu, tak perlu khawatir karena kesempatan untuk melihat dan menikmati GMT 2016 tetap terbuka bagi seluruh penduduk Indonesia.

Pasalnya, dinas pariwisata dari beberapa daerah yang akan menjadi titik terjadinya GMT 2016 berupaya mengakomodasi seluruh penduduk Indonesia yang ingin menyaksikan langsung fenomena alam fantastis itu dengan mencanangkan Wisata GMT 2016.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pariwisata RI, Indonesia.travel, Selasa 15 September 2015, seluruh penduduk Indonesia yang daerah tempat tinggalnya tidak dilewati GMT dapat mengunjungi kota-kota dengan GMT 2016, seperti Palu, Ternate, Bali, Bangka Belitung dan Bandung.

Terkait hal ini, Pendiri Komunitas Astronomi Langit Selatan Avivah Yamani mengungkapkan, wisatawan yang ingin sekadar menikmati fenomena ini dapat bepergian ke kota-kota alternatif yang dilalui Gerhana Matahari Sebagian. Akan tetapi, para penggemar astrofotografi biasanya akan mengambil foto dari kota-kota yang dilintasi Gerhana Matahari Total.

Lebih lanjut lagi Avivah menambahkan, berwisata menikmati Gerhana Matahari sebaiknya didampingi oleh astronom karena selain mendapat panduan mengamati gerhana yang tepat, wisatawan juga dapat memperoleh informasi yang akurat mengenai fenomena tersebut.

" Paket tur wisata GMT biasanya dikemas dengan melakukan perjalanan ke kota-kota di sekitarnya. Setelah mengamati gerhana matahari, wisatawan bisa melakukan kegiatan astronomi lain seperti pengamatan langit malam. Jepang dan Australia adalah contoh dua negara yang sukses mempromosikan pariwisata saat gerhana berlangsung," jelas Avivah.

Fenomena Langka Ini Hanya Ditemukan di Indonesia dan Islandia

Dream - Kawah Ijen di Kota Banyuwangi Jawa Timur, menjadi salah satu ikon wisata Indonesia yang sudah sangat populer. Bahkan di kalangan wisatawan internasional. Tak heran memang, karena kawah yang katanya merupakan danau terasam di dunia ini menyimpan pesona alam menakjubkan.

Berbagai macam dan warna batu belerang dapat kamu jumpai ketika menginjakkan kaki di kawasan Kawah Ijen. Gugusan batu belerang indah serta hamparan pemandangan Selat Bali dapat kamu saksikan dari atas kawah ini. Keberadaan Edelweis cantik yang biasa bersemi dari Juni hingga September juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Namun tak cuma itu, Kawah Ijen punya magnet lain yang membuat turis berbondong-bondong ingin datang. Apa itu? Adalah Blue Fire atau dalam bahasa Indonesia berarti 'Api Biru'.

Ya, banyak turis bahkan peneliti dari luar negeri datang ke Ijen demi menyaksikan Blue Fire. Blue Fire sendiri adalah fenomena alam langka yang hanya ada dua di dunia, yakni di Islandia dan Ijen, Indonesia.

Blue Fire biasanya dapat disaksikan saat malam hari. Berupa api biru yang muncul akibat semburat belerang cair dari Kawah Ijen. Untuk menyaksikan keindahan Blue Fire, kamu setidaknya harus memulai pendakian pukul 01.30 dari Pos Paltuding.

Ulasan selengkapnya tentang Blue Fire, yuk simak di sini.  

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Inilah 10 Bencana dan Fenomena Alam Dahsyat Paling Misterius, Sebagian Masih Misteri Hingga Kini
Inilah 10 Bencana dan Fenomena Alam Dahsyat Paling Misterius, Sebagian Masih Misteri Hingga Kini

Dalam sejarahnya, manusia sudah beberapa kali mengalami bencana dahsyat yang sulit untuk dilupakan.

Baca Selengkapnya
Menguak Misteri Pintu 'Dunia Bawah Tanah yang Terbuka
Menguak Misteri Pintu 'Dunia Bawah Tanah yang Terbuka

Penduduk mendengar suara sangat keras: bum! Muncul lubang menganga. Warga tak berani mendekati kawah tersebut.

Baca Selengkapnya
Ini Tujuh Fenomena Alam Menakjubkan yang Layak Masuk List Kunjungan Kamu!
Ini Tujuh Fenomena Alam Menakjubkan yang Layak Masuk List Kunjungan Kamu!

Tujuh fenomena alam yang menakjubkan ini tidak boleh dilewatkan. Yuk, simak baik-baik!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Gadis Ini Anak Paranomal Terkenal dan Tinggal di Rumah Berbentuk Candi, Awalnya Malu dengan Profesi Sang Ayah
Gadis Ini Anak Paranomal Terkenal dan Tinggal di Rumah Berbentuk Candi, Awalnya Malu dengan Profesi Sang Ayah

Anak perempuan ini putri dari mendiang paranormal terkenal.

Baca Selengkapnya
Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami
Ini 6 Jenis Sapi Terunik di Dunia, Ada yang Bulunya Mirip Jerami

Tanpa disadari, sapi memiliki banyak sekali jenis dengan berbagai keunikan. Yuk, simak 6 jenis sapi paling unik di dunia!

Baca Selengkapnya
Sederet Fakta Menarik Matahari Buatan Jepang yang Baru Menyala, Ternyata Ini Tujuannya
Sederet Fakta Menarik Matahari Buatan Jepang yang Baru Menyala, Ternyata Ini Tujuannya

Simak fakta menarik tentang matahari buatan yang berhasil dinyalakan di Jepang

Baca Selengkapnya
Bocah 3 Tahun Nangis Kejer Lihat Hasil Foto Paspor, Warganet Merasa Terwakilkan
Bocah 3 Tahun Nangis Kejer Lihat Hasil Foto Paspor, Warganet Merasa Terwakilkan

Air matanya bercucuran saat melihat hasil foto di paspor yang baru saja selesai dibuat.

Baca Selengkapnya
7 Tanaman dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia
7 Tanaman dengan Pertumbuhan Tercepat di Dunia

Fakta unik dari tanaman adalah ketika beberapa dari mereka memiliki kemampuan tumbuh yang sangat cepat. Yuk, simak daftar tanaman dengan pertumbuhan tercepat!

Baca Selengkapnya
Polisi Geledah Rumah Dukun Santet di Tangsel, Selain Foto Penuh Tusukan Jarum Juga Ditemukan Benda Mengejutkan Ini
Polisi Geledah Rumah Dukun Santet di Tangsel, Selain Foto Penuh Tusukan Jarum Juga Ditemukan Benda Mengejutkan Ini

HE mengaku telah melakukan praktik supranatural yang diduga adalah santet.

Baca Selengkapnya