Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gelombang Spektakuler Danau Ini Kalahkan Ombak Lautan

Gelombang Spektakuler Danau Ini Kalahkan Ombak Lautan Gelombang Danau Erie (Foto: David Sandford)

Dream - Sulit percaya pastinya, saat pertama kali melihat hempasan gelombang besar berikut ini yang ternyata bukan terjadi di lautan. Namun, fenomena langka ini terjadi di danau terbesar di Amerika utara.

Danau Erie memiliki kedalaman air yang cukup dangkal, yaitu 20 meter saja. Tetapi, danau ini memiliki luas yang membentang hingga 388 km, dengan lebar mencapai ukuran maksimal 92 km. Sehingga ditetapkan masuk dalam 11 danau terbesar di dunia yang diukur dari luas permukaannya.

Kondisi danau yang dangkal dapat menyebabkan perubahan dramatis hanya dalam hitungan menit. Tiba-tiba saja danau dapat mengeluarkan ombak ganas yang mengerikan.

Suku-suku asli Amerika yang tinggal di sepanjang pesisir pantai selatan, menyebutnya sebagai Danau Erige yang berarti 'kucing'. Penamaan itu diambil berdasarkan kondisi danau yang tak terduga, yang terkadang ganas berbahaya.

Badai yang terjadi di Danau Erie diprediksi telah menghancurkan setidaknya hingga 1.400 kapal dengan perkiraan tinggi gelombang mencapai 8.000 meter. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa Danau Erie memiliki bangkai kapal lebih banyak per milnya dibandingkan dengan danau air tawar lainnya.

Kedahsyatan gelombang Danau Erie berhasil tertangkap kamera secara dramatis oleh fotografer Kanada, David Sandford.

Ia menghabiskan empat minggu bulan November di tepi Port Standley, Ontario. Pertimbangannya karena wialayah tersebut menjadi spot paling dahsyat untuk tahun ini karena mengalami cambukan angin mencapai 50 km per jam.

Ditambah dengan suhu yang ekstrem di bawah nol derajat. Sandford bersiap di tepian danau sebelum matahari terbit dan kemudian masuk ke dalam wetsuit. Namun, saat gelombang menjadi terlalu ganas, ia menepi ke arah pantai dan membidik dengan lensa panjang.

(Sumber: Amusingplanet.com)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Deretan Foto Diduga ‘Hantu’ yang Berhasil Terekam Kamera, Berani Lihat?
Deretan Foto Diduga ‘Hantu’ yang Berhasil Terekam Kamera, Berani Lihat?

Foto-foto tersebut sulit dijelaskan hingga memantik perdebatan

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.