Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Gowes Santuy Keliling Danau Matahari Bulan, Jalur Sepeda Terindah Dunia

Gowes Santuy Keliling Danau Matahari Bulan, Jalur Sepeda Terindah Dunia Sun Moon Lake

Dream - Kurang lengkap rasanya melancong ke Taiwan tanpa mampir ke Sun Moon Lake. Ya, Danau Matahari Bulan ini begitu sohor dengan keindahan alamnya.

Danau ini lokasinya di kota kecil Yuchi, Nantou, Taiwan. Kenapa dinamai menggabungkan dua benda di langit; matahari dan bulan? Ternyata dilihat dari penampakannya.

Sun Moon Lake

Dream berkesempatan mengunjungi Danau Matahari Bulan dalam rangkaian kegiatan Media Fam Trip, Taiwan Tourism Bureau, 2 Desember 2019.

Sun Moon Lake

Begitu tiba di sana, hal pertama yang ingin dilihat penampakan danau secara langsung. Menjawab rasa penasaran.

Sun Moon Lake

Dan ternyata bentuknya berbeda jika dilihat dari tempat berlainan. Dari sisi barat terlihat seperti bulan sabit. Tapi dari sisi timur tampak bulat bak sang surya.

Sun Moon Lake

Tapi yang bikin makin menarik adalah jalur sepeda di sekeliling danau. Keren banget sih. Gak salah pada 2012 silam, saluran TV Amerika CNN melabeli tempat ini sebagai satu dari 10 jalur sepeda terindah di dunia.

Setiap sisi dari danau seluas 7,93 kilometer persegi itu juga menawarkan suasana yang berbeda. Dan makin asyik menikmatinya jika kita bersepeda.

Sun Moon Lake

Tempat penyewaan sepeda juga banyak tersedia. Mau yang versi manual atau listrik? tinggal pilih saja. Harganya pun relatif terjangkau.

Untuk sepeda bisa dikenakan biaya sewa mulai dari 200 dolar Taiwan (Rp100 ribu) untuk jam pertama, kemudian satu jam berikutnya dikenakan 100 dolar Taiwan (Rp50 ribu). Atau mau sewa seharian 500 dolar Taiwan (Rp250 ribu).

Sun Moon Lake

Kuy gowes! Selama bersepeda kita akan disuguhkan pemandangan dengan bentangan biru jernih air danau.

Menyusuri pohon-pohon rindang di tepi danau. Lalu menanjak ke arah perbukitan. Udara terasa segar dan sejuk meski cuaca lumayan terik.

Sun Moon Lake

Danaunya relatif tenang, suasana sejuk, dan lingkungan asri. Di sini juga banyak sport keren untuk berfoto ria. Dengan latar super keren.

Sun Moon Lake

Oiya, di tepi Sun Moon Lake dikelilingi banyak hotel-hotel. Ada juga dermaga. Di sisi kiri-kanan berderet kios oleh-oleh yang tertata rapi. Menjual aneka minuman hingga olahan ikan-ikan serta beragam suvenir khas penduduk aborigin Taiwan.

Sun Moon Lake

Next stop adalah Xiangshan Visitor Center, tempat ini oke banget buat spot foto. Kita seperti berada di sisi lain dari danau yang memiliki panjang 15,12 kilometer.

Sun Moon Lake

Jadi ini adalah gedung yang desainnya unik, mirip gua. Di bagian belakang terlihat hamparan air danau. Ada juga kafe untuk sekadar duduk minum kopi melepas lelah usai bersepeda. Makin terasa pas sambil menyimak air danau yang tenang.

Tidak jauh dari situ ada Xiangshan Scenic Lookout, sebuah jembatan besi yang dibuat menjorok keluar ke arah danau. Ini juga jadi spot favorit turis untuk foto-foto.

Sun Moon Lake

Menengok ke atas, ada kereta gantung wira-wiri. Kereta itu menghubungkan salah satu sisi Sun Moon Lake dengan Formosan Aboriginal Culture Village yang berada di balik bukit.

Di samping danau juga terdapat Kuil Wen Wu yang agung dan memiliki pemandangan indah, terutama dipandang dari lantai atas.

Wenwu Temple

Selain dapat bersepeda mengelilingi danau, traveler juga dapat hiking di jalur hutan, naik cable car atau buat yang 'mager' bisa dengan kapal. 

Rasanya memang ingin berlama-lama di sana. Betah.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Temuan Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta Bingungkan Ilmuwan, Ukurannya 6 Juta Kali Matahari

Temuan Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta Bingungkan Ilmuwan, Ukurannya 6 Juta Kali Matahari

Lubang hitam ini berada di galaksi kuno GN-z11, yang berjarak 13,4 miliar tahun cahaya. Ukurannya sekitar 6 juta kali lebih besar dari matahari.

Baca Selengkapnya
Miris, Kawasan Tugu Yogyakarta Jadi Lautan Sampah Saat Malam Tahun Baru

Miris, Kawasan Tugu Yogyakarta Jadi Lautan Sampah Saat Malam Tahun Baru

Kondisi jalanan yang biasanya bersih, tampak penuh dengan sampah.

Baca Selengkapnya
Detik-detik Jembatan Gantung Putus, Belasan Orang Jatuh ke Sungai Usai Berziarah

Detik-detik Jembatan Gantung Putus, Belasan Orang Jatuh ke Sungai Usai Berziarah

Belasan orang terembur ke sungai usai melewati jembatan gantung

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Surya Paloh: AMIN Masuk 2 Putaran Sudah Bagus

Surya Paloh: AMIN Masuk 2 Putaran Sudah Bagus

Saat disinggung terkait koalisi dengan kubu capres-cawapres nomor 3 Ganjar-Mahfud, Paloh tidak menutup kemungkinan.

Baca Selengkapnya