Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Hutan Juru Seberang, Destinasi Unggulan Baru di Belitung

Hutan Juru Seberang, Destinasi Unggulan Baru di Belitung Foto: Kemenparekraf

Dream - Kawasan Hutan Kemasyarakatan (HKm) Juru Seberang tengah digalakkan untuk menjadi destinasi unggulan baru Belitung. Kawasan bekas tambang timah lepas pantai ini punya pemandangan pesisir yang menawan, dilengkapi tur taman wisata mangrove yang menenangkan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menginginkan kawasan ini dapat terintegrasi dengan Bukit Peramun. Sehingga bisa menjadi destinasi baru unggulan di Kabupaten Belitung.

"Nantinya, lokasi ini akan dijadikan sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Belitung dan akan dikembangkan sebagai roadmap untuk masterplan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujar Sandiaga di laman resmi Kemenparekraf.

Sandiaga Uno

Pengembangan kawasan tersebut dijalankan menggandeng Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Berdasarkan hasil penilaian Indeks Perhutanan Sosial oleh tim Katadata Insight Center (KIC) 2020, Kepulauan Bangka Belitung menjadi provinsi terbaik dalam implementasi skema Hutan Kemasyarakatan (HKm).

Beberapa fokus budidaya yang banyak dilakukan di kawasan ini antara lain pembibitan udang, kepiting dan kerapu. Terdapat dua kolam pembibitan berukuran 40x50 cm dengan kolam pertama membibitkan 200 ribu ekor udang dan 5.000 ekor kepiting.

Hutan Juru Seberang

Sedangkan kolam kedua memelihara 5.000 ekor bandeng dan 1.500 ekor kerapu. Terdapat pula dermaga beserta yacht atau kapal mewah yang dapat dikembangkan sebagai wisata bahari.

"Pada intinya ini adalah kesiapan kita untuk memastikan destinasi-destinasi wisata yang berbasis kearifan lokal, berbasis kelestariaan alam, dan juga ini adalah hutan sosial yang kita rancang sebagai bentuk partisipasi masyarakat untuk memastikan sustainability atau keberlanjutan," kata Sandiaga.

Hutan Juru Seberang

Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan pihaknya akan melakukan rapat konsolidasi lanjutan pada pekan depan untuk menyusun rencana.

"Rencana ini akan dilakukan secara bertahap pada 2021-2023. Kami berharap hal ini bisa segera terealisasikan," kata Erzaldi

                                                                                                               

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Mendadak Meeting

NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya