Ilmuwan Mengklaim Temukan Benua Baru Bernama Zealandia

Benua baru itu memiliki luas 3 juta mil persegi, terbentang di barat daya Samudra Pasifik.

Puri Yuanita
| 17 Februari 2017 09:29

Dream - Baru-baru ini, para ilmuwan telah menemukan sebuah benua besar yang 94 persen wilayahnya berada di dalam air. Sementara sisanya meliputi pulau-pulau terkenal seperti Selandia Baru dan New Caledonia. Benua ini dinamakan Zealandia.

Benua baru tersebut memiliki luas 3 juta mil persegi, terbentang di barat daya Samudra Pasifik. Pulau-pulau dalam benua ini terhubung oleh lempengan bumi yang juga terendam air seperti disebutkan GNS Science, Lembaga Geosains Selandia Baru.

Zealandia adalah benua yang sangat muda, paling tipis dan wilayahnya paling banyak terendam air. Meski begitu benua Zealandia berdiri sendiri terpisah dengan Australia dan Antartika.

Teori mengenai benua bawah air Zealandia kembali diajukan pada tahun 2007 oleh Hamish Campbell, seorang penulis. Ia menyatakan: " sebelumnya aku pikir Zealandia adalah kumpulan dari beberapa pulau. Namun ternyata mereka semua terhubung dengan lempengan bumi di bawah yang terendam air."

Dari teorinya itu, Hamish menyimpulkan bahwa Zealandia adalah sebuah benua besar yang sebagian wilayahnya terendam air. Penemuan besar yang dilakukan oleh para ilmuwan ini juga bisa dijadikan teori dasar untuk mencaritahu bagaimana lempengan bumi itu bergerak dan bisa menyambung satu sama lain.

(Awalendi E. Pajarini/Sumber: travelandleisure.com)

Topik Terkait :

Cooking With Filma - Pisang Molen Keju

Rekomendasi Pilihan

Jangan Lewatkan

China Mulai Berlakukan Sistem 'Fingerprint' untuk Turis Asing
NEWS 16 Februari 2017 17:37

China sudah mulai memberlakukan sistem pengamanan menggunakan fingerprint untuk turis asing.