Indah, Tapi Kota Ini Diprediksi Bakal Segera Tenggelam

Kota ini terancam menghilang dalam beberapa tahun ke depan karena.....

Puri Yuanita
| 23 Oktober 2017 17:17

Dream - Hasankeyf, salah satu kota di Turki dengan usia lebih dari 10.000 tahun ini diprediksi akan segera tenggelam. Kaya akan sejarah kerajaan Roma, Byzantine, serta Ottoman, Hasankeyf merupakan situs arkeologi yang telah menarik banyak perhatian pengunjung untuk melihat gua serta benteng di sana.

Namun kini, kota ini terancam menghilang dalam beberapa tahun ke depan karena arus banjir yang datang dari proyek Bendungan Ilisu.

Kota ini dihuni oleh sekitar 80.000 penduduk, dan berbagai spesies yang terancam punah, seperti kura-kura cangkang lunak, serta burung red‐wattled lapwing. Dengan level air yang semakin meningkat, makhluk hidup di dalamnya pun ikut terancam.

Pemerintah Turki mengatakan bahwa proyek bendungan akan memberikan banyak energi yang disalurkan ke berbagai daerah. Mereka juga telah berjanji untuk merelokasi penduduk dan membangun museum untuk 300 monumen utama yang ada di lokasi. Namun, beberapa penduduk menyatakan bahwa hal tersebut tidaklah cukup.

" Bendungan hanya akan membawa kehancuran bagi kita. Nantinya, kita akan kehilangan warisan budaya dari Hasankeyf. Tidak hanya warisan lokal, namun juga warisan dunia," ujar Ercan Ayboga, hydrologist dari Bauhaus University di Jerman.

Situs sejarah terpopuler di Hasankeyf merupakan ribuan gua bikinan manusia yang tentunya tidak dapat direlokasi ke museum. Pemerintah Turki telah mulai mengisi beberapa gua untuk mencegah erosi ketika ketinggian air meningkat.

Rencana pembangunan bendungan pertama kali dibuat di tahun 1950, dan baru disetujui sekitar tahun 2006. Proyek Bendungan Ilisu sempat tersendat karena adanya masalah finansial di tahun 2008.

Pihak World Bank mendeklarasikan bahwa proyek tersebut tidak memenuhi standar proteksi warisan budaya. Namun, proyek ini masih tetap diharapkan untuk dapat berjalan dalam beberapa tahun ke depan.

(Sumber: travelandleisure.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Streaming Catat! Ini Cara Menyimpan Uang Rp75 Ribu Agar Tak Mudah Rusak

Jangan Lewatkan