Ini Lesehan Favorit Megawati dan Sultan HB X di Jogja

Dari luar, rumah makan ini begitu sederhana dengan dinding-dinding berbahan gedhek.

Dwifantya
| 29 Mei 2018 16:30

Dream - Tak hanya alamnya yang memesona, kuliner khas Yogyakarta juga kerap bikin rindu lidah para pecintanya. Dari sekian banyak kuliner legendaris di Kota Pelajar, kamu harus mencoba yang satu ini.

Berlokasi di Jalan Wonosari, Gunungkidul, Lesehan Pari Gogo menghidangkan makanan yang menggugah selera. Rumah makan legendaris ini lebih terkenal di kalangan pejalan daripada penduduknya sendiri.

Tampak dari luar, rumah makan ini begitu sederhana dengan dinding-dinding berbahan gedhek dan kayu. Namun, jangan salah, para pemimpin Negeri pernah mencicipi kelezatan sego abang. Sebut saja, mantan Presiden RI, Megawati Soekarnoputri sampai Sultan Hamengku Buwono X.

Foto-foto para pejabat itu terpampang di dinding-dinding kayu, berdampingan dengan gambar-gambar pemandangan. Seakan menyiratkan rumah makan ini bukan warung biasa.

 Pari Gogo

(Foto: eatjogja.com)

Makanan yang disuguhkan di sini berupa nasi merah, empal, usus goreng, ayam goreng, wader goreng, sayur lombok ijo hingga trancam. Nasinya empuk dan gurih, berbeda dengan yang biasanya. Lauknya lezat berpadu dengan sayur gurih dan segar menghadirkan pengalaman kuliner yang menyenangkan.

Konon, rahasia di balik nikmatnya nasi merah ini adalah karena proses tradisional yang masih terjaga, mulai dari pengambilan padi sampai dimasak jadi nasi. Beras juga berasal dari padi gogo, yang tumbuh subur di tanah Gunungkidul ini.

 Pari Gogo

(Foto: tripadvisor.co.id/Anggia P)

Di balik suasana ndeso yang tenang, tersembunyi penganan yang mengundang petualang kuliner, yakni belalang goreng. Hewan ini banyak ditemukan di pohon jati dan semak yang tumbuh subur di Gunungkidul.

Harga makanan di rumah ini tidak terlalu menguras kantong. Mulai dari Rp3.000-Rp40.000. Jika tertarik ke warung makan lesehan ini, datanglah pada pukul 06.00-16.00. Lesehan Pari Gogo buka setiap hari, siap menyambut para pecinta kuliner Jogja.

(Sumber: yogyes.com)

Topik Terkait :

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie

Jangan Lewatkan