Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Jalan Tol Baru yang Siap Digunakan Mudik Tahun Ini

6 Jalan Tol Baru yang Siap Digunakan Mudik Tahun Ini Ilustrasi (Foto: Www.merdeka.com)

Dream - Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Keterpaduan Pembangunan, Danis H. Sumadilaga mengungkapkan, tahun ini ada enam jalan tol baru yang dapat digunakan masyarakat untuk mudik Lebaran.

"Kami cek jalan nasional untuk arus mudik tahun ini, memang di Pulau Jawa ini yang cukup dominan adalah jalan tol. Kami ada beberapa tambahan untuk tahun ini. Khususnya Pejagan-Brebes Timur yang tahun lalu hanya dibuka sementara untuk mudik. Namun tahun ini akan beroperasi," terang Danis seperti dikutip dari keterangan pers KemenPUPR.

Tol Pejagan-Brebes Timur sendiri berlokasi di Provinsi Jawa Tengah dan memiliki panjang 26 kilometer. Tahun lalu, ruas jalan tersebut dibuka sementara untuk mudik dengan kondisi masih berupa kerikil dan belum beraspal. Namun saat ini proses kontruksi tol tersebut sudah rampung, tinggal menunggu diresmikan.

Selain Pejagan-Brebes Timur, Danis menyebutkan ruas Surabaya-Mojokerto sepanjang 18 kilometer dan Kertosono-Mojokerto (Mojokerto Barat-Mojokerto Utara sepanjang 5 kilometer) juga akan dioperasikan.

"Di Jatim, Kertosono ke arah Mojokerto akan kita satukan sekitar 23 kilometer, akan membantu lantas (lalu lintas) yang di Jatim ini terutama dari Mojo ke Jombang," katanya.

Sementara itu, lanjutnya, untuk membantu kelancaran lalu lintas, walaupun belum sempurna akan difungsikan beberapa jalan tol di antaranya Jalan Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,57 kilometer, Solo-Kertosono sepanjang 10 kilometer dan juga Gempol-Pasuruan (Rembang) sepanjang 13 kilometer.

Di samping itu, Menteri PUPR telah memeriksa kondisi jalan di Pantura Jawa Barat dan Jawa Tengah pada 10 April 2016 lalu, dan target penyelesaian pekerjaan Juni 2016 (sebelum lebaran) sudah selesai. Selanjutnya, pada H-30 sampai dengan H+10 Idul Fitri 2016 pekerjaan utama di badan jalan akan dihentikan dengan kondisi fungsional dan akan diteruskan kembali setelah hari raya. Pekerjaan yang mengganggu arus lalu lintas pada beberapa ruas tetap akan berjalan sampai H-10.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ini Jalan Tol Terpendek di Indonesia

Ini Jalan Tol Terpendek di Indonesia

Beroperasi sejak 2021, ini jalan tol terpendek di Indonesia?

Baca Selengkapnya
Malaysia Gratiskan Jalan Tol untuk Mudik Lebaran 2024, DPR RI: Masa Indonesia Kalah

Malaysia Gratiskan Jalan Tol untuk Mudik Lebaran 2024, DPR RI: Masa Indonesia Kalah

Komisi V DPRI RI menyinggung Malaysia yang mampu berikan tol gratis saat mudik Lebaran 2024

Baca Selengkapnya
Menteri PUPR Pindah ke IKN Bulan Juli, Jokowi Tunggu Bandara dan Jalan Tol Rampung

Menteri PUPR Pindah ke IKN Bulan Juli, Jokowi Tunggu Bandara dan Jalan Tol Rampung

Jokowi akan pindah berkantor ke IKN jika jalan tol dan bandaranya selesai dibangun.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.