Inilah Keunikan Masjid Namirah yang 'Terbelah' di Arafah

Ada satu hal yang unik dari Masjid Namirah, yaitu masjid ini hanya akan dibuka setahun sekali yakni pada saat........

Puri Yuanita
| 31 Agustus 2017 08:19

Dream - Masjid Namirah sudah dikenal dengan julukan Masjid Ibrahim atau Masjid Arafah. Setelah mengalami perluasan, masjid ini seolah " terbelah" menjadi dua bagian.

Sebelah muka masjid yang tidak termasuk Arafah dan bagian belakang masjid termasuk bagian dari Arafah. Penunjuk arah juga tersedia di depan dan belakang Masjid Namirah serta mengarahkan ke Arafah ataupun bukan Arafah.

Masjid Namirah di Arafah Mekah ini berdasarkan sejarahnya telah dibangun pada abad pertengahan kedua Hijriah oleh seorang penguasa Abbasiyah. Dibangun di Lembah Wadi Uranah yang merupakan salah satu batas area Arafah.

Di sebelah barat masjid terdapat bukit kecil yang sangat berdekatan sekali letaknya. Bukit ini dinamakan Bukit Namirah. Sehingga masjidnya pun dinamakan Masjid Namirah.

Di Wadi Uranah itulah Masjid Namirah berdiri. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda ketika melakukan ibadah Haji Wada: " Aku berwukuf di sini, dan Arafah seluruhnya tempat Wukuf kecuali Wadi Uranah."

Masjid Namirah di Arafah Mekah memiliki ukuran kurang lebih 110.000 meter persegi, dan memiliki 64 pintu masuk. Masjid tersebut mampu menampung jamaah sholat hingga 350 ribu orang dan dilengkapi pula dengan 6 menara.

Ada satu hal yang unik dari Masjid Namirah, yaitu masjid ini hanya akan dibuka setahun sekali yakni pada tanggal.................selengkapnya yuk baca di sini.   

Topik Terkait :

Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie

Jangan Lewatkan