Inilah Rumah Singgah Para Astronot Sebelum Mengangkasa

Sebelum mereka diluncurkan ke luar angkasa, para astronot akan menghabiskan hari-hari mereka dengan bersantai bersama anak dan istrinya di tempat persinggahan ini.

Ratih Wulan
| 27 Oktober 2016 14:27

Dream - Pernah terpikirkan di benak kamu, bagaimana kehidupan para astronot pada normalnya? Ternyata mereka juga kerap menghabiskan liburan bersama keluarganya.

Sebelum mereka diluncurkan ke luar angkasa, para astronot akan menghabiskan hari-hari mereka dengan bersantai bersama anak dan istrinya. Mereka akan mengajak keluarganya untuk tinggal di rumah pantai di dekat Cape Canaveral, Florida.

Rumah tersebut didesain berlantai dua dan terletak satu mil dari Kennedy Space Center. Rumah ini menjadi tempat persinggahan para astronot yang ingin mengadakan pesta barbecue bersama keluarga mereka sejak 50 tahun terakhir.

Lokasinya berada di atas perbukitan pasir di tepi utara dengan pemandangan lautan luas dan langit. Letaknya yang sedikit terisolasi, dianggap sebagai lokasi sempurna untuk bersantai sejenak sebelum terbang kembali ke luar angkasa.

Rumah ini awalnya dibangun di atas bukit pasir pada tahun 1940. Dan menjadi bagian dari subsidi Neptune Beach di Cape Canaveral. Lalu pada tahun 1963, properti itu dibeli oleh NASA untuk memenuhi kebutuhan akomodasi Kennedy Space Center.

Sementara itu, struktur rumah-rumah lain dirobohkan dan beach house ini selamat dari kehancuran. Pasalnya, atapnya yang longgar selamat dari hempasan angin topan Matius.

Rumah pantai yang dipergunakan sebagai tempat pelatihan dan rehabilitasi astronot ini sekarang lebih dikenal dengan sebutan Astronot Beach House atau Beach House saja.

Pada awalnya para astronot hanya diizinkan tinggal semalaman di tempat ini. Namun, aturan telah diubah dan di sana kini telah disediakan layanan antar jemput. Mereka akan dibiarkan bersantai, barbecue atau berpiknik bersama orang terkasih sebelum mereka dibawa ke tempat karantina.

Rumah terbagi menjadi beberapa ruangan. Selain dijadikan tempat pertemuan resmi, ada pula yang digunakan sebagai tempat konferensi dan sesi brainstorming. Lalu, digunakan pula sebagai tempat berkumpul acara-acara sosial dimana NASA berusaha menghibur tamu. Termasuk selebriti, anggota kongres dan pengusaha asing.

Meskpun rumah pantai tidak lagi digunakan setelah program Shuttle berakhir pada tahun 2011, namun tempat ini tetap dianggap sebagai bangunan bersejarah. Rumah didesain dalam bentuk sparta dengan kaca-kaca yang dihiasi berbagai botol yang telah ditandatangani para astronot.

(Sumber: Amusingplanet)   

Topik Terkait :

Ciptakan Maindset Sembuh Untuk Mempercepat Kesembuhan COVID-19

Jangan Lewatkan