Jadi Bandara Internasional, Lihat Kerennya Silangit Sekarang

Bandara Internasional Silangit saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur digital. Keren!

Puri Yuanita
| 30 Oktober 2017 17:05

Dream - Bandara Silangit telah resmi ditetapkan sebagai Bandara Internasional oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada 8 September 2017 lalu. Angkasa Pura II dan AirNav Indonesia pun telah melakukan berbagai pembenahan pada Bandara Silangit dalam beberapa bulan terakhir.

Sampai dengan 27 Oktober 2017, runway sudah memiliki panjang 2650x30 meter dengan nilai PCN (kekerasan landasan) sebesar 40, dan akan ditingkatkan menjadi 52 pada Maret 2018, sehingga dapat mengakomodasi pesawat narrow body sekelas Airbus A320 dan Boeing 737-800.

Kapasitas bandara baru saat ini dapat menampung sampai dengan 500 ribu penumpang per tahun. Ini bukan merupakan akhir pekerjaan, karena pembenahan dari sisi udara dan sisi darat akan terus dilanjutkan. Di akhir tahun 2017 runway Bandara Internasional Silangit akan memiliki lebar 45 meter.

Sebagai Bandara Internasional, Bandara Silangit saat ini telah dilengkapi pula dengan fasilitas CIQ (Custom, Immigration, Quarantine). Kementerian Keuangan melalui Ditjen Bea Cukai telah menetapkan area kepabeanan di Bandara Silangit, Kementerian Hukum dan HAM melalui Ditjen Imigrasi telah menetapkan Bandara Silangit sebagai tempat pemeriksaan imigrasi (TPI), demikian juga dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pertanian dan Kementerian Kelautan dan Perikanan juga telah melengkapi Bandara Silangit dengan fasilitas karantina yang sudah beroperasi mulai tanggal 28 Oktober 2017.

Untuk meningkatkan palayanan terhadap pengguna, Bandara Internasional Silangit saat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur digital. Fitur smart airport ini sudah terpasang dan beroperasi diantaranya akses internet wifi gratis, display schedule bus dan penerbangan, e-payment, bus ticketing vending machine, tourism info e-kiosk, self check-in, dan fitur digital lainnya.

Nah, makin penasaran kan dengan penampakan keren Bandara Silangit setelah resmi jadi bandara internasional? Lihat langsung yuk lewat video ini.  

(Sumber: Kementerian Pariwisata)

Topik Terkait :

Viral, Artis dan Mantan Menteri Saling Tuding Insiden Nyerempet Mobil

Jangan Lewatkan