Jeddah, Kota Kuno Yang Ramah Pada Semua

Jeddah merupakan gerbang masuk yang terkenal keramahannya.

Ahmad Baiquni
| 20 Juli 2021 13:10

Dream - Jeddah adalah kota yang tidak asing lagi di telinga umat Islam. Selain tempat transit untuk jemaah haji, Jeddah juga merupakan pintu gerbang masuk Saudi.

Sejak dulu, penduduk kota ini terkenal sikap mereka dalam memuliakan tamunya. Kebiasaan itu masih kental hingga saat ini.

Kerajaan Arab Saudi, bekerja keras untuk memfasilitasi pergerakan, akomodasi dan kenyamanan para peziarah dalam perjalanan mereka untuk ke Mekah dan Madinah

Pada 674, Khalifah Utsman bin Affan, seorang sahabat Nabi, menetapkan kota itu sebagai pintu gerbang bagi para jemaah haji dan umroh yang bepergian ke Mekah dan Madinah.

Kota ini terletak di tengah-tengah gerbang dua Kota Suci, Mekah dan Madinah. Jarak Mekah 40 mil di sebelah timur dan Madinah, 220 mil ke utara.

Jeddah menyediakan makanan dan penginapan bagi umat Islam dari seluruh penjuru bumi yang sedang dalam perjalanan mereka untuk melakukan ziarah suci. Tetapi kota ini menawarkan lebih dari sekadar tempat tinggal dan makanan.

Peziarah secara tradisional disambut dengan keramahan, solidaritas, dan persahabatan yang sangat menyentuh, tradisi yang membanggakan di antara warga Jeddah yang berlanjut hingga hari ini.

 

Selanjutnya :

Tradisi Masyarakat

Topik Terkait :

1_Detik-Detik Ketua Dewan Pertimbangan MUI Meninggal Dunia Saat Rapat-_1 - DreamID

Jangan Lewatkan