Jelajah Hutan Menuju Pohon Berusia 7.200 Tahun di Jepang

Keunikannya membuat pohon ini masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Mutia Nugraheni
| 15 September 2018 11:21

Dream - Disebut-sebut sebagai pohon tertua di Jepang dan juga salah yang tertua di dunia, Jomon Sugi memiliki kecantikan aura mistis yang begitu memancar. Banyak orang penasaran untuk melihatnya langsung dengan mata kepala sendiri.

Usianya dipercaya sudah 7.200 tahun. Jomon Sugi adalah nama satu pohon Cryptomeria yang terletak di Pulau Yakushima di Jepang. Keunikannya membuat pohon ini masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO.

Jomon Sugi, juga dikenal sebagai pinus sugi Jepang atau cedar merah Jepang yang merupakan tumbuhan endemik. Hanya tumbuh di Yakushima dan tak ada di tempat lain.
Pohon ini pertama kali ditemukan pada 1968.

Sejak itu telah area hutan menjadi tujuan wisata yang sangat menarik dan sangat berkontribusi pada industri pariwisata Jepang. Umur pohon bisa berada di antara 2.170 hingga 7.200 tahun.

Menurut peneliti, lapisan tefla yang ditemukan di sekitar pohon adalah bukti utama letusan gunung berapi yang kuat di Yakushima yang terjadi hampir 7.300 tahun yang lalu.

Kedengarannya gila ketika Anda berpikir bagaimana pohon bisa tumbuh dan bertahan untuk jangka waktu yang lama. Untuk menyaksikan pohon tua ini, wisatawan perlu mendaki puncak tertinggi di Pulau Yakushima, pada ketinggian 4.300 kaki di atas permukaan laut.

 

Selanjutnya :

Melewati Jalur Kereta Api

Topik Terkait :

Belum Selesai, Pembangunan MRT Fase 2 Baru Dimulai

Jangan Lewatkan