Jelajah Lampung, dari Way Kambas Sampai 'Pulau Abu Jenazah'

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut Lampung itu berpotensi wisata tinggi dan memiliki banyak objek kelas dunia yang belum diolah.

Puri Yuanita
| 12 Juli 2016 19:10

Dream - Anda berencana liburan ke Lampung? Secara geografis sebenarnya provinsi paling ujung timur Sumatera ini emang tidak jauh dari Jakarta. Banyak masyarakatnya merantau ke ibukota. Tak heran jika banyak pemudik yang melintas ke Lampung saat musim libur Lebaran seperti sekarang.

Selain mudik, Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut Lampung sebetulnya menyimpan potensi wisata tinggi. Bahkan banyak objek kelas dunia yang belum diolah. Hanya dibutuhkan menyeberang dari Pelabuhan Merak – Bakauheni saja. Itupun tidak lama, hanya 30 menit saja.

" Jadi, kalau akses dan amenitasnya sudah bagus, standar dunia, maka atraksinya sudah memenuhi syarat untuk dikembangkan menjadi destinasi top," ungkap Arief Yahya.

Anda ingin mengeksplorasi lebih jauh tentang Lampung? Silakan memulai dengan #PesonaLebaranLampung #PesonaLampung #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia.

1. Pantai Pasir Putih

Terletak sekitar 20 kilometer dari kota Bandar Lampung, Pantai Pasir Putih adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling favorit karena dekat dengan ibukota. Hanya membutuhkan waktu perjalanan sekitar 20 menit saja untuk dapat menikmati pantai yang menyegarkan mata ini.

Sesuai dengan namanya, pantai ini mempunyai pasir yang bewarna putih, dilengkapi dengan pepohonan yang melambai tertiup angin dan lautan yang bewarna biru. Tempat wisata ini juga merupakan tempat wisata akhir pekan favorit warga Bandar Lampung sehingga jangan kaget bila berkunjung pada akhir pekan dan mendapati keramaian.

2. Teluk Kiluan

Teluk Kiluan adalah salah satu tempat wisata di Lampung yang paling terkenal karena pengalaman unik yang ditawarkannya. Pengalaman seperti apa yang dapat Anda nikmati di Teluk Kiluan? Jika ingin melihat lumba-lumba langsung di habitatnya, silahkan menuju Pantai Lovina, Bali, Teluk Kiluan.

Sensasi melihat ikan dari kelompok mamalia di lautan ini berbeda dengan atraksi lumba-lumba yang telah dijinakan. Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di Teluk Kiluan adalah pada bulan April hingga September di mana sedang musim kemarau. Disarankan, sebelum berangkat bertanyalah dahulu pada pengelola homestay mengenai cuaca dan keberadaan lumba-lumba, karena kemunculan lumba-lumba secara alami di Teluk Kiluan sangat dipengaruhi oleh cuaca.

3. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu taman nasional yang berumur paling tua di Indonesia. Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang berfokus pada pelatihan dan perlindungan gajah, sehingga hal yang wajib dilhat di Taman Nasional Way Kambas adalah gajahnya.

Selain gajah, Taman Nasional Way Kambas juga melindungi beberapa hewan yang hampir punah seperti harimau Sumatera dan badak Sumatera. Taman Nasional Way Kambas berlokasi sekitar 2 jam perjalanan dari kota Bandar Lampung. Untuk dapat masuk ke kawasan ini, Anda harus memperoleh ijin yang dapat diperoleh di gerbang masuk Taman Nasional Way Kambas. Di sini Anda dapat melihat berbagai pertunjukan gajah, misalnya sepak bola gajah, menaiki gajah, dan lain-lain.

4. Pulau Kubur

Pulau Kubur mungkin terdengar seram bagi sebagian orang, namun sebenarnya Pulau Kubur adalah surganya para pecinta kegiatan memancing. Menurut cerita warga setempat, pulau ini dinamai Pulau Kubur karena dulunya pulau ini digunakan untuk acara penaburan abu jenazah. Berlokasi di Teluk Lampung, pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Pulau Kubur relatif sepi pada hari-hari biasa, namun pada hari libur dapat terlihat cukup banyak wisatawan yang datang untuk memancing. Ikan di sekitar Pulau Kubur sangat banyak dan beragam karena ada banyak karang besar yang merupakan habitat ikan di sekitar Pulau Kubur.

Selanjutnya :

Jelajah Lampung, dari Way Kambas Sampai 'Pulau Abu Jenazah'

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen

Jangan Lewatkan