Jelajahi Sisi Nyentrikmu di Titik Awal Koloni Inggris Kuasai Hong Kong

Dan yang selalu jadi 'magnet' pelancong dari belahan dunia adalah Hollywood Road.

Sandy Mahaputra
| 5 April 2019 08:18

Dream - Ingin mencoba menikmati libur di Hong Kong dengan cara serta sensasi berbeda? Menjadi seorang penjelajah waktu, baik dari masa lalu atau pun masa depan. Cobalah datang ke Old Town Central, Hong Kong Island.

Kota tua ini merupakan bagian dari distrik Central yang sibuk dan padat penduduk. Di sana kalian dapat menemukan perpaduan antara bangunan dan peninggalan masa lampau bersanding harmonis dengan nuansa kota modern.

 Old Town Central

Dan yang selalu jadi 'magnet' pelancong dari belahan dunia adalah Hollywood Road, salah satu jalanan tertua Hong Kong--jalan yang pertama kali dibangun Inggris saat tiba di pulau berjuluk 'Pearl of Orient'

 Old Town Central

Di jalanan itu juga terdapat Possesion Point-papan keterangan berwarna merah muda--titik pendaratan pertama pasukan Inggris mendarat di Hong Kong, 178 tahun lalu, tepatnya pada 26 Januari 1841.

 Old Town Central

" Inggris beri nama Possesion Point. Ini titik mereka mendarat di Hong Kong. Sedangkan warga lokal menyebut 'muara air got'," ujar Carolus Chui, tour guide yang mendamping media dalam rangkaian acara Hong Kong Arts Month 2019, pekan lalu.

 Old Town Central

Dari titik inilah, Inggris lalu membangun koloni ke kawasan Hong Kong Island dan naik ke atas perbuktian. " Kenapa warga lokal sebutnya muara air got, karena dulu ini tempat pembuangan akhir (air) penduduk asli Hong Kong ke laut," kata Chui bercerita.

 Old Town Central

Di kawasan ini memang serasa tengah menelusuri perjalanan evolusi Hong Kong. Dari sebuah desa nelayan, menjadi koloni Inggris, hingga bertransformasi menjadi kota metropolitan termegah seperti saat ini.

 Old Town Central

Kalian bakal bersentuhan dengan cerita sejarah, bangunan-bangunan peninggalan masa lalu, kekayaan budaya dan seni tradisional, hingga gang-gang sempit penuh gerai makanan dan minuman legendaris dengan kemasan kekinian.

 Old Town Central

Buat kalian penggila seni di sana juga banyak penjual barang-barang antik, pedagang kaligrafi China, buku-buku tua, pernak-pernik dan galeri-galeri seni modern.

 Old Town Central

Pengunjung juga dapat berjalan santai, manjakan mata di seni jalan dan graffiti di beberapa jalan serta gang yang memotong jalan raya. Banyak grafiti dan mural keren. Jadi lokasi foto Instagramable, yang sangat digandrungi anak muda zaman 'now'.

 Old Town Central

Dekat Hollywood Road juga terdapat Man Mo Temple, kuil yang dibangun di era kolonial. Kuil ini merupakan salah satu relik sejarah yang sayang untuk dilewatkan, jika berkunjung ke Old Town Central.

 Old Town Central

Selain itu, kalian bisa sekalian berkunjung ke destinasi kekinian yang lagi di hits, PMQ (Police Married Quarters) dan Tai Kwun Centre for Heritage and Arts. Lokasinya masih di area 
Central Hong Kong. Gimana seru gak?

Bukan Pertama Kali, Ini Deretan Kebrutalan Anjing Milik Bima Aryo

Jangan Lewatkan