Kampung Al-Munawar, Destinasi Wisata Religi Baru di Palembang

Masyarakat Al-Munawar sangat ramah dan terbuka dengan wisatawan yang datang. Senyum tulus warga akan senantiasa menyambut Anda di kampung ini.

Puri Yuanita
| 18 Februari 2016 09:46

Dream - Palembang tak hanya menarik karena keberadaan Sungai Musi yang membelah wilayahnya. Ibukota Sumatera Selatan ini kini menawarkan pesona baru, yakni sebuah kampung Arab bernama Al-Munawar.

Kampung Arab Al-Munawar tengah gencar dikembangkan oleh pemerintah daerah setempat sebagai destinasi wisata religi baru di Palembang.

Bisa dibilang kampung ini sudah cukup siap menyandang peran itu. Masyarakat Al-Munawar sangat ramah dan terbuka dengan wisatawan yang datang. Senyum tulus warga akan senantiasa menyambut Anda di kampung ini. Anda pun diperbolehkan memotret ke segala arah.

Kampung Al-Munawar terletak di wilayah 13 Ulu. Di sini, terdapat deretan rumah-rumah tua yang berusia lebih dari 300 tahun dengan kayu-kayu ulin yang masih kokoh menyangga.

Asal usul Kampung Arab Al-Munawar tak terlepas dari peran Pemerintah Belanda yang pada ratusan tahun silam, sekitar 1825, melakukan pendekatan terhadap etnis Arab, dengan menunjuk seorang pemimpin yang diberi pangkat Kapten. Kapten Arab terakhir di sini bernama Ahmad Al-Munawar yang wafat pada tahun 1970.

Selengkapnya baca di sini.       

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Tour Guide Jadi Bos Pecel - Berani Berubah

Jangan Lewatkan