Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kampung Warna-warni Banyuwangi, Spot Kece yang Wajib Didatangi

Kampung Warna-warni Banyuwangi, Spot Kece yang Wajib Didatangi Kampung Warna-warni Sungai Kalilo, Banyuwangi

Dream - Beberapa waktu lalu para traveler dan selfie mania dihebohkan dengan kehadiran kampung warna-warni di Kota Malang, Jawa Timur. Dan kali ini, berlokasi di Jawa Timur juga, hadir kembali sebuah spot wisata unik yang mengusung konsep kampung warna-warni.

Namun, lokasinya ada di Kota Banyuwangi. Kampung warna-warni ini berada di bantaran Sungai Kalilo. Dulunya, kawasan ini tampak biasa-biasa saja. Tak ada yang istimewa. Bahkan dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah.

Tapi kini, disulap menjadi begitu cantik dan segar dengan pemandangan rumah warna-warni sehingga mulai dilirik sebagai objek wisata.

Wajah baru warna-warni Sungai Kalilo ini merupakan hasil kerjasama dari Institut Teknologi Sepuluh November (IKA-ITS) Surabaya dan Pemkab Banyuwangi yang didukung oleh masyarakat sekitar. Mereka bergotong-royong kurang lebihnya 90 alumni, Pemkab Banyuwangi dan masyarakat melakukan pengecatan dan bersih-bersih untuk membuat Sungai Kalilo tampil lebih indah dan sedap dipandang.

Bantaran Sungai Kalilo ini berlokasi di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia. Lokasinya sangat strategis yaitu berada di tengah kota dan hal tersebut membuat wajah Kota Banyuwangi tampil cerah bak pelangi.

Sungai Kalilo sendiri memiliki nilai sejarah dan fungsi yang cukup vital di masa lalu bagi warga Banyuwangi. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, nama Kalilo berasal dari Kali yang artinya 'Sungai' dan Elo merupakan nama pohon yang dulu banyak tumbuh di kelurahan Singonegaran.

Sungai Kalilo ini dulu bisa dimanfaatkan kejernihannya bahkan sungai ini juga banyak menginspirasi lagu-lagu Banyuwangi.

Dan langkah mengubah wajah baru bantaran Sungai Kalilo ini diharapkan mampu mengubah mindset masyarakat supaya tidak mengotori sungai dan membuang sampah sembarangan.

Nah, tunggu apa lagi? Daripada penasaran, segera saja berwisata ke Kampung Warna-warni Sungai Kalilo di Banyuwangi. Tapi ingat, saat berkunjung, tetaplah menjaga kebersihan dan jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan ya.

(Sumber: matajatim.com)

 

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP