Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kawasan Pabrik Kina Bandung Bersiap Jadi Lokasi Wisata Sejarah

Kawasan Pabrik Kina Bandung Bersiap Jadi Lokasi Wisata Sejarah (Foto: Instagram Ridwan Kamil)

Dream - Seperti kawasan Kota Lama di Semarang, ternyata Bandung juga memiliki gedung-gedung cagar budaya. Salah satunya terletak di Jalan Pajajaran yang merupakan bekas pabrik kina, bernama Bandoengsche Kinine Fabriek N.V.

Pabrik yang telah didirikan sejak tahun 1896 ini merupakan kawasan industri tertua di Bandung. Dan rupanya hal ini menarik perhatian pemerintah Kota Bandung untuk meresmikannya menjadi kawasan wisata.

Seperti yang diunggah Walikota Ridwan Kamil ke Instagram beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan itu, ia mohon restu dari warganya agar diperlancar dalam mengubah kawasan industri tua itu menjadi kawasan wisata sejarah.

"Warga Bandung, kawasan Pabrik Kina di jln Padjajaran segera akan dikembangkan sebagai kawasan wisata Heritage dan ekonomi kreatif hi-tech. Doakan semoga lancar", tulis Kang Emil.

Menurut sejarah, gedung yang menempati alamat No. 29-30 ini dirancang oleh arsitek bernama Gnelig Mijling AW pada masa penjajahan Belanda. Sehingga arsitekturnya masih kental dengan gaya kolonial art deco.

Gedung ini diperkirakan akan sukses menarik wisatawan karena letaknya berseberangan dengan Ciampelas. Sedangkan di bagian bawahnya, terdapat terowongan sekitar 2,5 meter yang dapat dilintasi di bawah Jalan Pajajaran.

Beberapa sumber menyebutkan jika gedung ini dulu sempat populer karena mengepulkan asap hitam yang membumbung dari cerobong di atapnya. Asap-asap itu keluar dari pembakaran mesin ketel uap manual Babcox & Wilcox.

Namun akhirnya, mesin ketel ini diganti dengan mesin yang lebih canggih setelah masyarakat sekitar terganggu dengan pencemaran udara akibat asap tersebut.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata

IKN Segera Beroperasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik Minta Sungai Mahakam Disulap Jadi Destinasi Pariwisata

Akmal mengajak Dinas Pariwisata belajar mengelola potensi dan berkolaborasi dengan mitra dan para pemangku industri pariwisata lainnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya