Kemilau Kristal di Bawah Tanah Kupang

Ingat, jangan sampai terlena keindahannya sehingga berlama-lama di dalam goa.

Ahmad Baiquni
| 28 November 2018 11:11

Dream - Berkunjung ke Kupang, Nusa Tenggara Timur, belum afdhol rasanya jika tidak mampir ke Goa Kristal. Bukan untuk melihat kristal yang sebenarnya, namun menikmati pantulan sinar matahari dari danau di dalam goa.

Destinasi ini terletak tidak jauh dari Kota Kupang, tepatnya di Desa Bolok, dekat dengan Pos Polisi Air Bolok. Jaraknya sekitar 20 kilometer dihitung dari Bandara Internasional El Tarik atau 16 kilometer dari pusat kota.

Hanya membutuhkan waktu paling lama 40 menit untuk menempuh perjalanan darat agar bisa sampai di sana. Kamu bisa sewa mobil atau motor.

 Goa Kristal

Setiba di sana, tak perlu repot memarkir kendaraan. Titipkan saja di dekat Pos Polisi Air Bolok, kemudian jalan kaki sejauh 300 meter sampai ke mulut goa.

Ingat, keadaan goa sangat gelap dengan medan agar berat. Kamu perlu membawa senter dan sepatu memadai. Usahakan untuk turun bersama orang lain karena batuannya cukup licin.

Kamu mungkin harus bersusah payah menempuh medan sejauh 14 meter dari mulut goa ke danau. Tetapi, rasa lelahmu bakal terbayar lunas dengan keindahan danau di dalam goa.

Kamu juga bisa menyelam di dalam danau tersebut. Kedalamannya bervariasi hingga enam meter.

 Goa Kristal

Jika ingin berkunjung ke Goa Kristal, lebih baik datang pada pukul 11.oo waktu setempat. Karena waktu tersebut matahari berada pada posisi yang tepat sehingga bisa menyinari danau dan menghasilkan keindahan sempurna.

Ingat, jangan sampai terlena keindahannya sehingga berlama-lama di dalam goa. Sebab, debit air bisa meninggi ketika terjadi hujan deras.

Sumber: Liputan6.com/Amal Abdurrachman

Topik Terkait :

Aliando Syarief Tidak Suka Korea? #KapanLagiKepo

Jangan Lewatkan