Keseruan yang Mendebarkan di Langit Taipei

Kamu bisa menyaksikan pemandangan Taipei dari ketinggian.

Sandy Mahaputra
| 3 Desember 2019 13:11

Dream - Ingin menikmati pemandangan menakjubkan langit kota Taipei, Taiwan dengan suasana pemandangan megah, lengkap dengan gedung pencakar langit yang memukau?

Traveler bisa mengunjungi Taipei 101. Yup, inilah spot terbaik melihat Taipei dari atas awan.

Dream berkesempatan mengunjungi tempat itu yang letaknya di jalan Xinyi No 5, distrik Xinyi, Taipei, dalam rangkaian kegiatan Media Fam Trip, Taiwan Tourism Bureau, akhir pekan kemarin.

 Taipei 101

Jangkungnya gedung ini membuatnya mudah dilihat dari berbagai sudut kota. Hanya beberapa blok dari kantor Balaikota Taipei dan Taipei World Trade Center. Gedung ini disebut Taipei 101, sesuai dengan jumlah lantainya.

 Taipei 101

Di Menara Taipei 101, pengunjung bisa menikmati panorama Kota Taipei dari Taipei 101 Observator terletak di lantai 89.

Tapi pengunjung tak bisa langsung naik lift dari lantai 1 ke lantai 89 karena tiket menuju Taipei 101 Observatory terletak di lantai 5 mall.

 Taipei 101

Pengunjung mesti naik eskalator dari lantai 1 menuju lantai 5. Nah, buat yang suka mengoleksi barang-barang fashion mewah, perjalanan dari lantai 1 hingga lantai 5 ini tentu sangat menggoda.

Yup, di sini terdapat outlet-outlet barang-barang branded, seperti Louis Vuitton, Chanel, Versace, Dior dan Rolex.

 Taipei 101

Saat tiba di lantai 5, pengunjung langsung mengantre di loket penjualan tiket untuk menuju lantai 89. Setelah membeli tiket seharga 600 dolar Taiwan atau Rp300 ribu per orang.

Saat Dream ke sana, antrean cukup panjang. Karena Menara Taipei 101 ini merupakan destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Taiwan. Ditambah lagi malam minggu.

Saat menunggu ada kejutan yang bikin kami kegirangan. Yah, Taiwan Tourism Bureau mengajak kami bukan hanya naik ke Taipei 101 Observatory, tapi ke bagian rooftop salah satu gedung tertinggi dunia itu. Wow!

 Taipei 101

Tiket menuju rooftop harganya lumayan mahal memang, 2700 dolar Taiwan atau setara Rp1,2 juta. Wah, beruntung banget nih. Makin berdebar rasanya gak sabaran berada di puncak Taipei 101.

Begitu tiket sudah di tangan, barulah kami siap naik menggunakan lift dari lantai 5. Bukan sembarang lift, ini merupakan salah satu lift tercepat di dunia. Kecepatannya mencapai 1.010 meter per menit. Alhasil dari lantai 5 hingga lantai 89, cuma butuh waktu 37 detik.

Perubahan ketinggian yang sangat cepat membuat telinga terasa kurang nyaman saat di dalam lift. Sensasinya mirip naik pesawat saat take off maupun landing.

Dari lantai 89 gedung setinggi 508 meter ini, kami bisa menikmati panorama kota Taipei. Tapi untuk menuju rooftop, naik lagi lift khusus di lantai itu.

Begitu keluar kami diajak menuju sebuah ruangan. Di sini kami diminta memakai peralatan keselamatan (seperti panjat tebing atau flying fox), kemudian diminta memasukkan ponsel ke bag cover yang nantinya digantung di leher kamu.

 Taipei 101

Kamera diperbolehkan dibawa. Sedangkan tas atau peralatan lain tidak diperbolehkan, disimpan dalam loker. Buat yang memakai kacamata, pengelola juga menyediakan tali di gagang kacamata, agar tidak terbang terhempas kencangnya angin di atas.

Jika semuanya sudah beres, terakhir kamu diminta petugas mengisi form sebagai persyaratan dan asuransi. Seperti nama, alamat dan orang serta telepon yang bisa dihubungi dan nomor paspor (turis).

Lanjut menuju lift lagi nih. Naik beberapa lantai. Dan begitu tiba di lantai 100. Dari situ tidak ada lagi lift. Jadi dilanjutkan dengan menaiki tangga menuju rooftop.

 Taipei 101

Akhirnya tiba juga puncak tertinggi Taipei 101. Dahsyat! Di atas sudah ada tiga petugas yang akan mengaitkan kunci pengaman yang ada di badan, fungsinya agar kamu tidak terbawa angin yang sangat kencang.

Sungguh menebarkan. Berada di atas langit Taipei sambil melihat langsung pemandangan yang menakjubkan.

Kamu nantinya akan diajak keliling mengitari gedung didampingi petugas. Di salah satu satu sudut gedung ada spot, pengujung akan diminta foto dengan latar belakang yang super keren.

Luar biasa banget. Tapi memang anginnya sangat kencang. Jadi kamu mesti ekstra hati-hati dan mengikuti petunjuk dari petugas.

Berada di situ rasanya betah. Ingin berlama-lama.
Dan beruntung, petang itu cuaca cerah sehingga kami bisa maksimal melihat kota Taipei dan beberapa gunung di sekitarnya.

Ungkap Rahasia

Puas menikmati pemandangan dari rooftop, kami diarahkan turun menuju lantai 88. Nah, di lantai ini lah rahasia kekokohan Menara Taipei 101.

Di lantai ini terdapat bandul raksasa seberat 600 ton yang berfungsi sebagai penyeimbang gedung manakala ada guncangan gempa bumi maupun angin topan. Spot ini selalu ramai, karena keren buat foto selfie.

 Taipei 101

Setelah puas, kami diajak naik lagi ke lantai 89 untuk membeli aneka rupa suvenir, serta makanan dan minuman.

Kopi Awan

Buat rekomendasi, kamu bisa pesan kopi dengan gula berbentuk awan.

Terdapat gulali putih berbentuk awan di atas sajian kopi. Saat terkena uap panas, gula tersebut bakal meleleh jatuh ke gelas.

 Taipei 101

Apalagi, kopi ini tampak sangat Instagramable. Tak heran kalau jadi perbincangan dan membuat penasaran.

Jika sudah selesai. Dari lantai 89 ini, kamu turun kembali ke lantai 5 menggunakan lift. Tentu harus antre lagi. Maklum pengujungnya selalu berjubel. Tapi rasanya semua terbayar dari apa yang didapatkan!

Ada Musholanya

Nah buat traveler muslim, di sini juga disediakan ruang mushola untuk sholat. Lokasinya ada di lantai 5, tidak jauh dari loket penjualan tiket.

Lokasinya ada di sudut pojok. Di tembok tertulis Muslim Paryer Room Muslla. Dream pun melongok ke dalam untuk melihat sepeti ruangannya.

 Taipei 101

Ukuran mushola lumayan luas, setengah lapangan badminton. Ada juga arah petnjuk kiblat yang tertempel di lantai.

 Taipei 101

Namun tidak sediakan sajadah dan tempat wudhu. Jadi sebaiknya bawa sajadah sendiri serta wudhu di keran toilet yang ada dekat situ.

Gimana Sahabat Dream, kuy gak nih?

Canggih, Restu Anggraini Desain Mantel dengan Penghangat Elektrik

Jangan Lewatkan