Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kisah Mengerikan Pulau Gruinard, Ternyata Dulunya Tempat...

Kisah Mengerikan Pulau Gruinard, Ternyata Dulunya Tempat... (Foto: Kevin Walsh/Flickr/amusingplanet.com)

Dream - Di antara Desa Gairloch dan Ullapool di dataran tinggi utara-barat Skotlandia, terdapat sebuah pulau berbentuk oval kecil bernama Gruinard. Dari tepian daratan, pulau ini tampak sangat sepi dan damai. Tapi di tahun 1940-an, ada cerita mengerikan di pulau ini.

Di Pulau Gruinard, selama Perang Dunia Kedua, sekelompok tim ilmuwan dari fasilitas penelitian militer di Port Down menunjukkan kepada Winston Churchill tentang bahaya antraks, dan kelayakan penggunaan bakteri mematikan tersebut sebagai agen aktif senjata biologis.

Antraks adalah salah satu agen perang biologis yang paling dikenal, dan salah satu yang paling ditakuti. Menghirup spora antraks akan menginduksi gejala mirip flu seperti demam, batuk, nyeri dada, dan sesak napas karena cairan menumpuk pada rongga ada. Bila tidak diobati, kondisi pasien dengan cepat memuruk sehingga terjadi kematian dalam waktu 48 jam.

Sementara itu, penelanan spora bisa pula menyebabkan diare, pendarahan internal, sakit perut, mual dan muntah. Namun yang paling fatal, tingkat kematian akibat antraks mencapai 80 persen meski penderitanya sudah mendapatkan perawatan medis.

pulau gruinard

Antraks pertama kali digunakan dalam bentuk senjata dalam Perang Dunia Pertama oleh pemberontak Nordik melawan tentara Kekaisaran Rusia di Finlandia, meskipun keefektifan senjata tersebut tidak diketahui pasti. Eksperimen manusia pertama dibuat oleh Unit 731 Angkatan Darat Jepang selama Perang Sino-Jepang Kedua di tahun 1930-an. Ribuan tahanan perang meninggal dunia setelah sengaja diinfeksi bakteri tersebut.

Pada tahun-tahun awal Perang Dunia Kedua, Sekutu mulai menyelidiki antraks. Ilmuwan Inggris tahu bahwa bakteri tersebut dapat bertahan dalam kondisi yang keras selama beberapa dekade atau bahkan berabad-abad. Jadi mereka membutuhkan sebuah pulau terpencil dan tak berpenghuni di mana mereka bisa melakukan tes sekaligus tempat karantina. Pulau Gruinard ditemukan cocok untuk tujuan itu.

Pada tahun 1942, sekitar delapan puluh domba dibawa ke pulau itu dan bom berisi spora antraks kering meledak di dekat tempat domba-domba itu diikat. Bakteri antraks yang dipilih untuk tes ini adalah jenis yang sangat ganas yang disebut "Vollum 14578", dinamai R. L. Vollum, bakteriologis kelahiran Kanada yang pertama kali mengisolasinya dari seekor sapi di Oxford, Inggris. Dalam beberapa hari terpapar, domba-domba itu jatuh seperti lalat.

Para ilmuwan Inggris menyimpulkan bahwa pelepasan besar spora antraks di kota-kota di Jerman tidak hanya akan menghapus sebagian besar populasi, tapi juga akan membuat kota-kota tersebut tidak dapat dihuni selama beberapa dekade kemudian. Ini menjadi misi "Operasi Vegetarian" - sebuah rencana jahat untuk menjatuhkan kue biji rami yang terinfeksi antijam di atas ladang-ladang Jerman. Kue ini akan dimakan oleh ternak, yang kemudian akan dikonsumsi oleh penduduk sipil, menyebabkan kematian jutaan warga Jerman. Selanjutnya, antraks akan mematikan sebagian besar ternak Jerman, menciptakan kekurangan pangan yang sangat besar untuk sisa populasi lainnya.

Lima juta kue disiapkan untuk disebarkan di Jerman. Beberapa kue juga diuji pada domba di Pulau Gruinard. Operasi Vegetarian hanya untuk digunakan jika Jerman melakukan langkah pertama dalam perang biologis, yang untungnya, tidak. Di akhir perang, kue-kue itu dihancurkan dalam sebuah insinerator.

pulau gruinard

(Sumber: Kevin Walsh/Flickr)

Sementara itu, di Pulau Gruinard spora antraks menolak untuk mati sehingga membuat pulau ini tidak dapat dihuni selama hampir lima puluh tahun sampai 1986, ketika sebuah perusahaan Inggris dibawa untuk mendekontaminasi pulau tersebut. Sebanyak 280 ton formaldehida disemprotkan ke pulau itu dan lapisan tanah yang terkontaminasi di sekitar lokasi penyebaran. Untuk melihat apakah pembersihan itu berhasil, segerombolan domba dilepaskan di pulau ini. Tidak ada efek buruk yang terlihat.

Akhirnya, empat tahun setelah tanah direndam dalam formaldehid, pulau itu dianggap aman untuk dikunjungi. Menteri Pertahanan sendiri mengunjungi pulau tersebut dan memindahkan tanda peringatan tersebut. Pada tahun 1990, pulau itu dijual kembali ke ahli waris pemilik aslinya dengan harga jual asli sebesar £ 500.

(Sumber: amusingplanet.com)

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat dan Mengerikan dalam Sejarah, Bikin Bumi Gelap Gulita dan Ciptakan Tsunami Puluhan Meter
4 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat dan Mengerikan dalam Sejarah, Bikin Bumi Gelap Gulita dan Ciptakan Tsunami Puluhan Meter

Berikut ini 4 letusan gunung berapi paling dahsyat dan mengerikan dalam sejarah, Bumi jadi gelap selama 6 tahun.

Baca Selengkapnya
Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran
Sejarah dan Asal Kata Mudik, Maknanya Tak Sekadar Tradisi Pulang Kampung Jelang Lebaran

Selain memperkuat ikatan keluarga, mudik juga sarana untuk menjaga kebersamaan dan mengenang asal-usul masyarakat kita.

Baca Selengkapnya
Heboh Penemuan Piramida di Dasar Laut Jepang, Dibangun Manusia atau Alami?
Heboh Penemuan Piramida di Dasar Laut Jepang, Dibangun Manusia atau Alami?

Di bawah permukaan laut pulau Yonaguni di Jepang, ternyata terdapat sisa-sisa kota kuno yang usianya mencapai 10.000 tahun!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker
Cerita Seram Berangkat Malam-Malam Buat Wisata Kuliner, Diganggu Sosok Putih Terbang di Belakang Mobil Saat Lewat Kawasan Angker

Benda seram itu tampak terbang mengikut mobil ketika mereka melalui kawasan berbukit di Gua Musang.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Mendadak Meeting
NOTED KAK! Mendadak Meeting

Sahabat dream, kalian suka kesel gak sih saat usah siap-siap mau pulang, tiba-tiba diajak meeting? Mungkin ada yang reaksinya seperti Dreamitie ini?

Baca Selengkapnya
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing
Rumah Ahmad Dhani Dipakai Gelar Tarawih Berjemaah, Netizen Ramai Bergunjing

Niat Ahmad Dhani menjadikan rumahnya sebagai tempat menggelar sholat tarawih berjemaah malah jadi gunjingan netizen. Apa saja sih nasihat dari netizen +62?

Baca Selengkapnya