Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Krui-Pesisir Barat Jadi Tuan Rumah 'World Surf League Asia'

Krui-Pesisir Barat Jadi Tuan Rumah 'World Surf League Asia' Krui, Pesisir Barat (Foto: Cabana Surf And Stay)

Dream - World Surf League (WSL), lembaga liga surfing kelas internasional, baru saja meluncurkan kembali WSL Jepang menjadi WSL Asia yang bermarkas di Jepang dan siap memperluas diri ke beberapa daerah seperti Tiongkok, Indonesia, Maldives, Filipina, Korea Selatan, India, Taiwan, Vietnam, dan Sri Lanka. WSL berkomitmen untuk terus mengembangkan dan mempromosikan daerah Asia melalui kegiatan tahunannya, yang kali ini akan diselenggarakan di Indonesia, bertajuk Krui Pro 2017.

Krui Pro akan menjadi ajang unjuk keahlian para peselancar pria dan wanita dalam liga Qualifying Series (QS) 1,000, yang akan diselenggarakan pada 15-20 April 2017, di Ujung Bocur, di dekat kota Krui. Daerah ini terletak di Kabupaten Pesisir Barat, Selatan Sumatera, dan memiliki ombak yang besar dan menantang.

krui

Dinyatakan sebagai daerah yang memiliki ombak paling konsisten dan beragam, Ujung Bocur memiliki gulungan ombak yang besar dan selaras, menantang dengan adanya dinding ombak curam serta bagian udara dengan tingkat kecil dan menengah. Lebih lanjut, ajang ini akan menjadi kompetisi internasional peselancar profesional pertama yang diselenggarakan di daerah Selatan Sumatera.

"Ajang ini merupakan kompetisi awal yang luar biasa bagi WSL Asia dan Krui. Banyak peselancar yang mengetahui Krui dan daerah Selatan Sumatera, karena banyaknya homestay dan warga negara asing yang datang untuk berselancar selama kurang lebih 20 tahun. Tetapi, selama itu juga belum pernah ada kompetisi selancar internasional yang diselenggarakan, karena belum adanya pihak yang mendukung secara finansial hingga sekarang," ungkap Tim Hain, pendamping WSL dalam menyelenggarakan kompetisi selancar di daerah Asia.

krui

Krui Pro 2017 dapat juga secara langsung dihubungkan dengan Asian Games 2018 yang akan datang, dengan selancar sebagai salah satu cabang olahraga yang diikutsertakan pada ajang tersebut. Pemerintah provinsi Krui pun telah mendaftarkan diri sebagai salah satu calon lokasi potensial kompetisi selancar di Asian Games 2018.

Meski demikian, Krui bukanlah satu-satunya daerah di Indonesia yang dijadwalkan menjadi tuan rumah WSL QS tahun ini. Pantai Keramas di Bali, Pacitan di Jawa Timur, Maluk di Sumbawa Barat dan Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur juga berencana menyelenggarakan ajang WSL QS di tahun 2017.

"Indonesia, tanpa diragukan lagi, memiliki beberapa ombak terbaik dan peselancar bertalenta di dunia, sehingga ketika pemerintah daerah menyadari bahwa mereka berpotensi menumbuhkan pariwisata di daerah mereka, dengan persediaan gulungan ombak Samudera Hindia tanpa batas, kompetisi selancar WSL merupakan langkah ideal untuk menyuarakan keberadaan mereka di dunia," lanjut Tim.

krui

"Peselancar internasional senang berkunjung ke Indonesia, sehingga mengikuti ajang WSL merupakan alasan sempurna bagi mereka untuk berkunjung, berkompetisi dan berselancar dengan bebas di sana," katanya menambahkan.

Ajang seperti Krui Pro 2017 juga menumbuhkan komunitas peselancar di Indonesia dan Asia, serta menyediakan sebuah jalan bagi peselancar Asia untuk dapat berkompetisi di World Championship Tour (WCT), ajang tertinggi bagi para peselancar profesional, suatu hari nanti. Ajang ini juga bertujuan untuk menampilkan Krui kepada penonton internasional, dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan ke daerah tersebut.

Krui Pro 2017 merupakan ajang para peselancar internasional berkumpul, baik pria dan wanita, dari berbagai negara termasuk Australia, Jepang, Filipina, Brazil, New Zealand, dan tentu saja Indonesia. Bupati Kabupaten Pesisir Barat, Selatan Sumatera, Agus Istiqlal, beserta dengan seluruh sponsor ajang ini, juga turut menyatakan dukungannya.

krui

"Sebagai Bupati daerah ini, saya bangga bahwa kami dapat menjadi tuan rumah bagi kompetisi selancar internasional melalui Krui Pro yang terselenggara di bulan April, dan kami siap untuk menyambut para peselancar dari seluruh dunia. Mewakili masyarakat di daerah ini, kami ingin berterima kasih sebelumnya kepada WSL dan para peselancar yang akan berkunjung, dan kami tidak sabar untuk berjumpa dengan Anda semua," ujar Agus, dikutip dari keterangan pers tertulis, Kamis 13 April 2017.

Krui Pro 2017 akan diselenggarakan 15-20 April 2017. Untuk informasi lebih lanjut mengenai World Surf League, kamu bisa mengunjungi worldsurfleague.com.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima
Cuma di Indonesia Lokasi Banjir Jadi Tempat Wisata, Banyak Pengunjung hingga Pedagang Kaki Lima

Banjir di Riau bagai tempat wisata, banyak pengunjung yang datang bermain air.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bungkus! Tebak kopi Sachet
Bungkus! Tebak kopi Sachet

Sahabat dream, kalian suka minum kopi sachet gak nih? Kalau pernah, pasti bisa dong jawab tebakan ini.

Baca Selengkapnya