Ladakh, Destinasi di India yang Bikin Traveler Susah 'Move On'

Setelah booming-nya film 3 Idiots, popularitas kawasan wisata yang satu ini makin menjadi-jadi.

Puri Yuanita
| 24 Januari 2017 12:53

Dream - Masih ingat '3 Idiots'? Film Bollywood yang sempat populer di tahun 2009 dan banyak digemari lantaran kisah inspiratifnya. Film bergenre komedi ini mengambil latar di beberapa spot terbaik di India. Dan salah satunya yang begitu menarik perhatian adalah tempat bernama Ladakh.

Sebelum dijadikan lokasi syuting film 3 Idiots, Ladakh sebenarnya sudah cukup dikenal masyarakat lokal. Meski begitu, tempat ini belum terlalu banyak diekspos dan dijelajahi. Tapi setelah booming-nya film 3 Idiots, popularitas kawasan wisata yang satu ini makin menjadi-jadi.

 Ladakh

Nggak heran sih kenapa Ladakh begitu menarik perhatian. Tempat ini menawarkan keindahan panorama yang luar biasa. Berada di wilayah Pegunungan Himalaya, Ladakh merupakan salah satu tempat tertinggi di dunia.

Dijuluki sebagai " Little Tibet" , wilayah Ladakh didominasi oleh padang pasir luas yang dihimpit gunung-gunung batu. Meski sekarang namanya sudah tersohor, Ladakh masih tampil bak surga dunia. Masih alami dan tersembunyi. Lantaran belum banyak orang yang datang mengekslor tempat ini. Sebab, lokasinya memang agak sulit dijangkau. Apalagi buat wisatawan mancanegara.

Nah, setiap wisatawan yang memasuki kawasan Ladakh sudah pasti akan singgah di Kota Leh, Ibukota Ladakh. Kota ini berada di ketinggian 3.500 meter dari permukaan laut.

Jadi, meski kamu datang kemari saat matahari siang menampakkan diri, udara di kawasan ini tetap saja dingin. Suasana kota ini sangat tenang. Kendaraan bermotor yang lalu lalang bisa dihitung dengan jari.

 ladakh

Sementara di sekelilingnya kita bisa melihat hamparan gurun pasir dengan latar belakang Pegunungan Himalaya dimana tiap puncaknya tertutup salju tebal.

Nah, berjalan-jalan di pusat kota Leh, wisatawan akan menemukan Leh Bazzar yang merupakan tempat aktivitas kebanyakan penduduk kota tersebut. Di sana terdapat deretan toko suvenir hingga aneka restoran yang menawarkan menu dari berbagai negara. Asia hingga Eropa.

Satu hal yang perlu diingat, lantaran berada di ketinggian, kadar oksigen di Ladakh sangat tipis dan udaranya pun sangat dingin. Sehingga bisa jadi kendala buat wisatawan yang tak kuat atau tak terbiasa dengan kondisi seperti ini.

Karena itu, Ladakh hanya terbuka bagi wisatawan di musim panas. Percaya nggak percaya, saat musim dingin suhu udara di kawasan ini bisa mencapai lebih dari minus 20 derajat celcius. Beuuhh... nggak kebayang ya dinginnya seperti apa?!

Karena alasan itu pula, hotel-hotel di Ladakh akan tutup selama musim dingin. Atau kalaupun ada yang buka, akan menaikkan tarif berlipat-lipat. Dan bukan cuma itu, biasanya banyak penduduk Ladakh yang akan bermigrasi ke kota-kota lainnya di India saat musim dingin tiba.

Gimana? Sudah bisa sedikit membayangkan cantiknya Ladakh kan? Begitu cantiknya tempat ini, nggak aneh deh para traveler yang sudah pernah ke sini mengaku susah move on. Wah, semoga sahabat Dream Travel bisa jadi salah satu orang beruntung yang menginjakkan kaki di Ladakh ya.

(Berbagai sumber)

 

Topik Terkait :

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal

Jangan Lewatkan