Lama Terbengkalai, Ini Potret Hotel Kupari yang Penuh Misteri

Peperangan telah menghancurleburkan seluruh wilayah ini.

Puri Yuanita
| 11 Desember 2017 16:17

Dream - Terletak di dekat gerbang Kota Dubrovnik, Kroasia, Desa Kupari merupakan saksi bisu dari perang kemerdekaan Kroasia pada tahun 1991-1995. Apabila dilihat dari atas, kamu dapat melihat lokasi jatuhnya bom beserta bangunan yang telah hancur.

Seperti dilansir dari Amusing Planet, awalnya Kupari terkenal sebagai lokasi wisata karena hotelnya. Desa tersebut pertama kali menerima turis ketika seorang investor asal Ceko membangun Grand Hotel di tepi pantai.

Pada tahun 1980, ada lima hotel baru yang dibangun di Kupari. Sekitar 2.000 kasur disediakan untuk para tentara beserta keluarga yang ingin berlibur. Seluruh hotel terletak di tepi pantai dengan lingkungan khas dataran Mediterania.

 kupari

(Foto: Harry McGregor/Flickr)

Perkemahan militer terletak di sekitar area perhotelan, dilengkapi dengan gedung administrasi, klinik dan gudang alat tempur. Di bawah tanah juga tersembunyi ruangan rahasia untuk mengadakan pertemuan dari para petinggi negara.

Peperangan pun pecah pada tahun 1991 ketika tentara Yugoslavia menghancurleburkan seluruh Kota Dubrovnik. Pelegrin yang merupakan hotel terbesar di Kupari habis dilahap si jago merah. Interiornya porak poranda dan seluruh perabotnya dirampas oleh tentara musuh.

 kupari

(Foto: Ben Fredericson/Flickr)

Setelah itu, Kota Dubrovnik memang telah dibangun kembali. Namun Kupari dibiarkan terbengkalai dan ditutup secara permanen.

Hingga akhir tahun lalu, pusat militer tersebut disewa untuk sebuah pesta privat. Rencananya, seluruh hotel di Kupari akan dibangun kembali menjadi sebuah hotel bintang lima di waktu yang akan datang.

 kupari

(Foto: Igor Trklja/Wikimedia)

(Sumber: amusingplanet.com/Annisa Mutiara Asharini)

Topik Terkait :

Merawat Warisan [TEASER]

Jangan Lewatkan