Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Lebaran Ini, Jogja Bikin Atraksi Wisata Baru Mirip Singapura

Lebaran Ini, Jogja Bikin Atraksi Wisata Baru Mirip Singapura Festival Of Light Kaliurang (Foto: Krjogja.com)

Dream - Kawasan wisata di lereng Gunung Merapi, Kaliurang, Sleman, Yogyakarta akan tetap "hidup" di malam hari. Menyambut libur kenaikan kelas dan libur Lebaran 2017, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama PT Cikal Bintang Bangsa (pengelola Taman Pelangi Monumen Jogja Kembali) kembali akan menggelar Festival of Lights di Gardu Pandang Kaliurang.

Gelaran Festival of Lights (FOL) berlangsung selama 45 hari, sejak 16 Juni 2017 sampai dengan 31 Juli 2017 mendatang. FOL kali ini mengambil tema "Gemerlap Ramadan".

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan kegembiraan dalam melaksanakan puasa Ramadan dan menyambut libur Lebaran. Beragam desain lampion penuh warna-warni akan memenuhi kawasan Gardu Pandang," jelas Kepala Dinas Pariwisata Sleman Dra. Sudarningsih, MM, dikutip dari keterangan pers tertulis, Jumat 16 Juni 2017.

Konten FOL kali ini berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya. Selain menampilkan berbagai macam lampion seperti lampion bunga mawar dan tulip, dunia ikan, tanaman gandum, dengan tema Timur Tengah, gelaran Festival of Lights kali ini juga menampilkan kuliner berbagai jajanan tradisional dan modern yang dijual dalam kisaran Rp15.000,00, serta Dancing Fountain yang hadir pertama kali di Yogyakarta.

FOL

Atraksi Dancing Fountain ini meliputi atraksi air mancur menari yang gerak pancarnya disesuaikan dengan lagu, dengan semburan api, laser serta water screen.

Direktur Eksekutif Festival of Light, Solikin Swiji menyampaikan bahwa cukup dengan membayar tiket sebesar Rp25.000,00 pada hari biasa atau Rp30.000,00 pada hari libur nasional dan weekend, pengunjung dapat menikmati atraksi yang sama seperti di Singapura.

"Pengunjung tidak perlu jauh-jauh ke Singapura untuk​ menikmati pertunjukan 'air menari' ini. Silakan datang ke Gardu Pandang Boyong di Kaliurang," tambah Sudarningsih.

Dengan penambahan atraksi DF ini diharapkan tingkat kunjungan ke Gardu Pandang akan meningkat tajam. Pengalaman dalam FOL yang digelar sebelumnya, pengunjung berjubel untuk menikmati pertunjukan alternatif dan tematik ini.

Data menunjukkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang pada bulan Juli selama Festival of Lights berlangsung sejak tahun 2015 menunjukkan kenaikan yang cukup signifikan. Berturut-turut jumlah kunjungan wisatawan ke Kaliurang selama bulan Juli untuk periode 2014 adalah 55.367, tahun 2015 85.730 dan Juli 2016 sebanyak 96.368 kunjungan.

Pada liburan akhir tahun lalu, FOL di Kaliurang mengambil tema "Dragon Castle". Festival ini menampilkan gemerlap figur naga dan kehidupan ala negeri dongeng disorot dengan lampu warna-warni nan indah. Di sisi selatan festival, lampu-lampu mini dirangkai membentuk figur-figur unik bertajuk 'Romantic Light' dan 'Sakura Light' menjadi daya tarik tersendiri bagi pagelaran ini.

Tampilan lampion tematik dan hamparan lampu "berkesan bunga warna-warni" di kegelapan malam, membuat wisatawan berdecak kagum dan berselfie ria. Mereka menjadikan wahana itu sebagai background berswafoto.

Hadirnya Dancing Fountain bisa menjadi magnet bagi wisatawan. Apalagi ini menjadi satu hal yang baru di kota ini. So, bagi kamu yang Lebaran nanti berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan agenda ke Kaliurang untuk menikmati Festival of Light ini.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

9 Rekomendasi Wisata Curug di Jogja, Tempat Liburan Asri yang Menarik Dikunjungi Wisatawan

Jogja memiliki banyak pilihan destinasi wisata air terjun yang menawarkan keindahan alam yang asri.

Baca Selengkapnya
8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

8 Rekomendasi Desa Wisata di Jogja untuk Isi Waktu Liburan, Sajikan Pengalaman Unik Tak Terlupakan

Yogyakarta juga memiliki banyak desa wisata yang menawarkan pengalaman liburan yang unik

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

NOTED KAK! Kata-Kata Manis Bos

Sahabat Dream bercanda lagi soal kantor yuk. Kali ini ada gak bos kamu yang seperti `PHP` dengan kata-kata manisnya? Cuma bercyanda ya....

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Rempah

BUNGKUS! Tebak Rempah

Jangan ngaku ahlinya rempah jika tidak tahu bahan-bahan apa saja yang ada di hidangan ini?

Baca Selengkapnya