Liburan ke Wakatobi? Inilah 10 Titik yang Wajib Disambangi

"Karena keunggulan bawah laut itulah, Wakatobi menjadi incaran para divers dunia," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Puri Yuanita
| 12 Juli 2016 16:20

Dream - Mendengar kata Wakatobi, yang terlintas di benak kita mungkin hanya Wisata Bahari, diving dan snorkeling. Menteri Pariwisata Arief Yahya pun mengakui atraksi utama di Wakatobi adalah bahari. Arus bawah lautnya tak terlalu kencang, serta berragam biota lautnya sangat variatif membuat setiap turis yang berkunjung akan dibuat kagum.

" Karena keunggulan bawah laut itulah, Wakatobi menjadi incaran para divers dunia," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta.

" Wakatobi memiliki 3.000 spesies ikan dan 600 jenis koral dunia. Itu setara dengan 75 persen terumbu karang di dunia, berkumpul semua di Wakatobi. Punya 750 spesies karang, dari 850 spesies yang ada di dunia. Red Sea yang terkenal di Eropa saja cuma ada 200 spesies. Karibia yang dikenal di USA juga cuma 70 spesies. Jadi saat di Wakatobi kita dapat melihat lebih lengkap keanekaragaman hayatinya," ujar Menpar Arief Yahya.

Lebih seru lagi, daya tembus penglihatan di under water-nya mencapai 30 meter, airnya jernih seperti kaca. Saat hujan sekalipun, di bawah air Wakatobi tetap terang. Lanskap bawah lautnya pun beragam, mulai dari datar, slope, pinnacle, sampai wall, semua ada. Jadi benar-benar tidak bikin bosan.

Atas lautnya? Sama fantastisnya. Begitu pesawat mendekati Wakatobi, siap-siap saja menahan napas melihat pemandangan yang spektakuler dari atas. Gugusan pulau hijau, pasir putih, air laut bergradasi biru muda ke biru tua, dan atol, semua siap menyambut setiap tamu yang datang.

Yang perlu dicatat, selain 39 pulau, Wakatobi juga memiliki sejumlah atol. Bahkan Karang Kaledupa di Wakatobi merupakan atol terpanjang di dunia dengan panjang 48 km.

Tetapi, pengembangan Wakatobi tidak bisa dilakukan hanya di Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tumia, Binongko saja. Melainkan harus lebih luar, sehingga punya pilihan untuk wisatawan yang berada di sana. Bisa sampai ke Kota Bau-Bau, Buton, dan sekitar kepulauan yang jaraknya juga tidak sampai 1 jam naik kapal itu. Silakan eksplorasi di #PesonaLebaranWakatobi #PesonaKulinerWakatobi #PesonaWakatobi #WonderfulWakatobi. Inilah 10 titik yang perlu Anda kunjungi selama berada di Wakatobi.

1. Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi (TNW) merupakan salah satu dari 50 taman nasional di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi juga merupakan salah satu dari sedikit dan terluas taman nasional laut di Indonesia. Terumbu karang dan ikan termasuk sumberdaya penting yang menjadi fokus pengelolaan TNW. Ekosistem terumbu karang dinilai sebagai ekosistem laut pantai yang sangat produktif yang dapat ditemui di perairan tropis.

2. Air Terjun Moramo

Air Terjun Moramo memilki ketinggian sekitar 100 meter yang berupa air tejun berundak. Ada lebih dari 7 buah undakan besar dan 60 undakan kecil serta beberapa kolam yang bisa kita jadikan tempat untuk pemandian/berendam. Air terjun yang meluncur deras pada batuan granit yang terbentuk selama ribuan tahun lalu ini terasa lebih istimewa dengan warna-warna pelangi yang terpancar dari buih-buih air yang mengalir.

Air terjun Moramo ini juga memilki keunikan lain, dengan daerah batuan kapur yang ada di air terjun ini, menyebabkan airnya mengandung sulfur dan alkali serta dinding-dinding batunya yang tidak licin karena sulitnya tumbuh bagi lumut, sehingga bisa dipanjat oleh pengunjung. Kawasan Suaka Alam Tanjung Peropa yang memiliki luas sekitar 38.937 hektar ini tak hanya memiliki salah satu air tejun terindah di Indonesia dan flora fauna yang beragam, tetapi juga merupakan kawasan yang memiliki kandungan marmer terbesar di dunia. Diperkirakan sekitar 860 miliar kubik marmer tersimpan di Suaka Alam Tanjung Peropa.

3. Benteng Keraton Buton

Benteng keraton Buton merupakan benteng terluas di dunia. Terletak di ketinggian, seluruh kota Baubau bisa terlihat dari sini. Benteng ini terbuat dari batu dan mengelilingi kompleks perumahan yang dulunya adalah kerajaan buton. Di sini juga terdapat beberapa gua yang pada jaman dahulu dijadikan tempat persembunyian Aru Palaka. Benteng ini terletak di atas bukit namun tidak jauh dari pusat kota Bau Bau.

 

Selanjutnya :

Liburan ke Wakatobi? Inilah 10 Titik yang Wajib Disambangi

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi

Jangan Lewatkan