Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Malaysia Segera Buka Langkawi Untuk Pelancong

Malaysia Segera Buka Langkawi Untuk Pelancong Pulau Langkawi (Shutterstock.com)

Dream - Pulau Langkawi, salah satu destinasi favorit di Malaysia, segera dibuka. Rencana ini digagas Pemerintah Malaysia untuk memulihkan sektor pariwisata sekaligus membangkitkan perekonomian.

Perdana Menteri Malaysia, Ismail Sabri Yaakob, menyatakan Pulau Langkawi akan dibuka kembali di bawah rencana travel bubble pada 16 September 2021. Untuk sementara, hanya wisatawan lokal yang dibolehkan berkunjung.

Sedangkan untuk destinasi lain akan dibuka kembali ketika tingkat vaksinasi Covid-19 sudah mencapai 80 persen.

Malaysia sedang menghadapi lonjakan Covid-19 dengan kasus harian yang menanjak naik. Kondisi ini membuat Pemerintah setempat akan menerapkan kebijakan 'Sand Box', sistem yang dijalankan Thailand pada pembukaan kembali Phuket sebagai percontohan.

Sistem 'Sand Box' membebaskan wisatawan untuk menikmati wisata di suatu destinasi hingga puas. Mereka dibebaskan dari karantina ketika datang ke destinasi yang menerapkan sistem tersebut namun dilarang keluar dari kawasan itu untuk berpindah tempat.

"Covid-19 akan diperlakukan sebagai endemi dan sudah waktunya bagi warga Malaysia untuk belajar hidup dengan virus tersebut," kata Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin.

Infeksi baru telah melonjak meskipun langkah-langkah penahanan sudah dijalankan, mencapai rekor 24.599 dalam satu hari akhir bulan lalu. Lonjakan tersebut mengubah Malaysia menjadi hot spot Covid-19 di Asia Tenggara.

 

Malaysia Bersiap Pemulihan dari Covid-19

Namun, tingkat reproduksi efektif virus, atau R-naught, telah turun di bawah 1 secara nasional untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan.

Kementerian Kesehatan Malaysia menyatakan lebih dari 84 persen populasi orang dewasa telah menerima setidaknya satu dosis. Sementara 64 persen telah sepenuhnya divaksin.

Berdasarkan data yang diproyeksikan, tingkat vaksinasi rata-rata di antara orang dewasa di setiap negara bagian diperkirakan akan mencapai 80 persen pada akhir September. Sedangkan pada akhir Oktober diproyeksikan mencapai 100 persen.

"Akhirnya kita harus hidup dengan Covid-19 seperti yang terjadi di seluruh dunia," ujar Khairy.

"Negara bagian Melaka akan memasuki fase kedua dan Negeri Sembilan ke tahap ketiga dari rencana pemulihan nasional mulai Sabtu setelah memenuhi ambang batas dalam mengurangi infeksi Covid-19," kata Ismail.

Keputusan itu dibuat oleh Dewan Keamanan Nasional, yang sekarang akan berganti nama menjadi Komite Khusus Manajemen Pandemi. Komite tersebut juga akan mencakup perwakilan dari partai-partai oposisi, dikutip dari Straits Times.

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Sandiaga Uno Tanggapi Turis Malaysia yang Beri Nilai 0/10 untuk Jakarta
Sandiaga Uno Tanggapi Turis Malaysia yang Beri Nilai 0/10 untuk Jakarta

Salahuddin Uno menanggapi soal kritikan turis asal Malaysia yang memberi penilaian rendah saat melancong ke Jakarta.

Baca Selengkapnya
3 Negara yang Menggratiskan Tarif Tol Saat Mudik Lebaran
3 Negara yang Menggratiskan Tarif Tol Saat Mudik Lebaran

Tiga negara ini gratiskan tol untuk menyambut mudik Lebaran

Baca Selengkapnya
Netizen +62 Membalas, Unggah Video Liburan ke Kuala Lumpur Sindir Serasa Wisata ke Bangladesh
Netizen +62 Membalas, Unggah Video Liburan ke Kuala Lumpur Sindir Serasa Wisata ke Bangladesh

Aksi turis Malaysia memberikan rating 0 saat berwisata di Indonesia rupanya membuat sakit hati warga +62.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.